Rodiyah (2011) Pendidikan karakter dalam perspektif pemikiran Ki Hajar Dewantara / Rodiyah Cholifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pendidikan Karakter Perspektif Ki Hajar Dewantara Tidak dapat di pungkiri bahwa dunia pendidikan saat ini sedang mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Hal ini ditandai dengan jor-joran pembangunan fasilitas pendidikan dan penyediaan sarana dan prasarana yang lebih modern. Akan tetapi di sisi lain dekadensi moral atau kebrobokan moral telah merajalela di mana-mana termasuk ke dalam dunia pendidikan itu sendiri. Maraknya peredaran video porno yang di perankan oleh para pelajar maraknya perkelahian antar pelajar adanya kecurangan dalam ujian dan penilaian ini adalah indikator dari kebrobokan moral dunia pendidikan kita. Oleh karenanya untuk menanggulangi itu semua setidaknya meminimalisir kebejatan moral dunia pendidikan kita maka kampanye tentang Pendidikan Karakter perlu di galakkan. Dan model pendidikan berbasis Akhlak karimah ini diharapkan tidak hanya menjadi slogan belaka melainkan harus diwujudkan dan di buatkan kurikulum secara jelas sehingga dapat di terapkan dengan sebaik-baiknya. Adapun konsep pendidikan karakter itu sendiri sebenarnya jauh hari telah di galakkan oleh bapak pendidikan kita Ki Hajar Dewantara. Hal ini antara lain dapat kita lihat dalam konsep Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani . Penelitian ini di laksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan tentang pengertian prinsip-prinsip dasar dan tujuan pendidikan karakter dalam perspektif pemikiran Ki Hajar Dewantara. Menggunakan pendekatan-pendekatan dalam pembelajaran karakter menurut Ki Hajar Dewantara. Mendiskripsikan penataan kultur di sekolah tentang pendidikan karakter menurut Ki Hajar Dewantara dan mendiskripsikan proses penilaian pendidikan karakter menurut Ki Hajar Dewantara. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian diskriptif kualitatif dan menggunakan library research yang bersifat kualitatif tekstual dan kontekstual. Data penelitian berupa tehnik pengumpulan data teknik dokumenter dan teknik Analisis data. Sumber data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan tetap mempertahankan ajaran-ajaran Ki Hajar Dewantara yang baik sambil menggapai strategi pembelajaran yang lebih baik. Andaikan menemukan kejanggalan atau sesuatu yang kontradiktif dalam pembelajaran Ki Hajar Dewantara hendaknya dijadikan sebagai pijakan atau tantangan secara ilmiah(sains) bagi intellektual dan para pakar pendidikan untuk membuktikan kebenaran atau positif dan negatif dari konsep Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan karakter. Hasil penelitian ini belum bisa di katakan final secara sempurna untuk itu di harapkan terdapat penelitian lebih lanjut yang mengkaji ulang hasil penelitian dengan topik yang serumpun.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/106467 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |