Penggunaan media poster untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kels V SDN Sumbersari 2 Malang / Reni Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media poster untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kels V SDN Sumbersari 2 Malang / Reni Puspitasari

Reni (2011) Penggunaan media poster untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kels V SDN Sumbersari 2 Malang / Reni Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media poster menulis puisi pembelajaran Bahasa Indonesia sekolah dasar. Observasi awal diketahui bahwa media yang digunakan kurang efektif untuk menulis puisi. Media poster belum pernah digunakan dalam pembelajaran menulis puisi. Siswa hanya mendapat tugas menulis puisi tanpa dibimbing terlebih dahulu untuk memunculkan gagasan. Hal itu terlihat dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan persentase siswa yang lulus SKM dan yang tidak lulus sangat mencolok khususnya di kelas V yang berjumlah 20 siswa yakni sekitar 80% siswa yang berada di bawah SKM dan hanya 20% siswa yang lulus SKM. Jumlah ketuntasan belajar siswa itu kurang dari standar ketuntasan minimal (SKM) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 75. Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa tersebut perlu diperbaiki dengan menggunakan media poster untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi dengan menggunaan media poster pada siswa kelas V SDN Sumbersari 2 Malang dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Sumbersari 2 Malang dengan digunakannya media poster. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi wawancara tes dan dokumentasi. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman observasi catatan lapangan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil menulis puisi siswa mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai pada pra tindakan sebesar 70 1 pada siklus I meningkat menjadi 70 5 dan pada siklus II meningkat menjadi 76 36. Ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 27 77% siklus II sebesar 73 68%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan media poster dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Disarankan bagi guru SDN Sumbersari 2 Malang untuk menggunakan media poster sebagai salah satu alternatif penggunaan media di kelas agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan peran aktif siswa selama proses pembelajaran dalam menemukan ide atau gagasan untuk menulis puisi. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media poster pada subjek penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/106460

Actions (login required)

View Item View Item