Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui strategi PQ4R (preview, question, read, reflect, recite and review) di kelas VA SDN Tanjungrejo 2 Malang / Marta Brilliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui strategi PQ4R (preview, question, read, reflect, recite and review) di kelas VA SDN Tanjungrejo 2 Malang / Marta Brilliana

Marta (2011) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui strategi PQ4R (preview, question, read, reflect, recite and review) di kelas VA SDN Tanjungrejo 2 Malang / Marta Brilliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci membaca pemahaman strategi PQ4R. Berdasarkan observasi awal yang penulis lakukan di SDN Tanjungrejo 2 Malang diketahui strategi pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa masih terpusat pada guru. Hal ini ditunjukkan nilai rata-rata siswa dalam membaca pemahaman baru mencapai 54 63 masih dibawah nilai kreteria ketuntasan minimal (KKM) 68. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan apakah penerapan strategi PQ4R (preview question read refect recute and review) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa mendeskripsikan bagaimana penerapan strategi PQ4R yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VA SDN Tanjungrejo 2 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus masing- masing siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Tindakan yang diberikan pada siklus I dan siklus II berupa penerapan skenario pembelajaran dengan menggunakan strategi PQ4R yang terdiri dari enam langkah yaitu preview (membaca selintas dengan cepat) question (bertanya) read (membaca) reflect (refleksi) recite (tanya jawab sendiri) dan review (mengulang secara keseluruhan). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Tanjungrejo 2 Malang dengan jumlah 45 siswa. Instrumen pada penelitian ini berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) soal-soal tes dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi PQ4R yang diterapkan di kelas VA SDN Tanjungrejo 2 Malang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Peningkatan aspek pemahaman literal 34 88% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan aspek pemahaman reorganisasi 67 44% pada siklus I menajdi 76 74% pada siklus II. Peningkatan aspek pemahaman inferensial 9 30% pada siklus I menjadi 60 97% pada siklus II. Nilai rata- rata siswa 56 79 pada siklus I menjadi 78 12 pada siklus II. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan strategi PQ4R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VA SDN Tanjungrejo 2 Malang. Saran yang diajukan adalah bagi guru sebagai salah satu alternatif cara dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dapat menggunakan strategi PQ4R.Bagi siswa agar lebih banyak membaca suatu teks tulis dan melatih mengemukakan pendapat serta berkomunikasi saat berdiskusi.Bagi peneliti lain disarankan mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya sebelum pelaksanaan di kelas dan dapat mengelola kelas agar tahapan PQ4R terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/106237

Actions (login required)

View Item View Item