Pengembangan multimedia pembelajaran mata pelajaran seni budaya dan keterampilan materi pengenalan notasi balok dengan menggunakan software Swishmaz siswa kelas 2 SDK Santa Maria 1 Malang / Yovita Pungkas Pangesdiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran mata pelajaran seni budaya dan keterampilan materi pengenalan notasi balok dengan menggunakan software Swishmaz siswa kelas 2 SDK Santa Maria 1 Malang / Yovita Pungkas Pangesdiyanti

Pungkas, Yovita (2010) Pengembangan multimedia pembelajaran mata pelajaran seni budaya dan keterampilan materi pengenalan notasi balok dengan menggunakan software Swishmaz siswa kelas 2 SDK Santa Maria 1 Malang / Yovita Pungkas Pangesdiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Multimedia Software Swishmax Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 2 SD Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan pada sub pelajaran Seni Musik kelas 2 semester 2 di sekolah dasar siswa dituntut untuk memahami dasar-dasar dalam bermusik yaitu memahami melodi (tempo) dan notasi. Guru sering mengalami kesulitan mengenalkan notasi balok kepada siswa karena keterbatasan media sehingga tujuan pembelajaran tidak sepenuhnya dapat dicapai. Selama ini guru sering menyampaikan materi dengan manggunakan bahasa verbal dan gambar diam membuat siswa dapat memahami materi secara kongkret. Terbatasnya media pembelajaran tentang seni music juga menjadi salah satu kendala. Sedangkan siswa dituntut untuk menguasai dasar notasi balok sebelum siswa mempelajari alat musik. Pembelajaran konvensional juga membuat pemahaman siswa masih berupa gambaran yang abstrak tentang materi yang diberikan sehingga guru memerlukan media pembelajaran yang tepat yang dapat digunakan dalam mendukung kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini multimedia merupakan media yang tepat karena memiliki unsur teks gambar animasi dan audio untuk memperjelas materi pengenalan notasi balok. Dengan kelengkapan unsur media yang terdapat dalam multimedia memiliki potensi untuk mengatasi kesulitan pembelajaran serta dapat mencapai tujuan pembelajaran yaitu (1) memahami unsur seni musik (2) menjelaskan notasi dan birama (3) membedakan antara notasi dengan birama (4) mengenal notai balok (5) mengenal dan memahami tanda istirahat (6) membaca ritme (7) menuliskan dasar not dalam notasi balok dalam garis paranada (8) menyebutkan nada-nada (9) membedakan tinggi rendah dan panjang pendeknya nada Pengembangan media pembelajaran ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan sebuah multimedia pembelajaran yang efektif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa berupa multimedia pembelajaran mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan dengan materi pengenalan notasi balok sehingga siswa akan lebih memahami konsep dasar dalam pemahaman materi dasar tentang bentuk notasi balok. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan multimedia ini adalah model Sadiman (2008). Dalam sistematika pengembangannya terdapat langkah-langkah yang akan dilakukan guna mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahap-tahap tersebut antara (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan alat pengukur keberhasilan (5) penulisan naskah media (6) produksi (7) tes/ uji coba (8) revisi (9) Produk siap dimanfaatkan Pengembangan multimedia pembelajaran ini memenuhi kriteria valid yang meliputi ahli media 90% valid ahli materi 92 5% valid siswa perseorangan 90% valid uji coba kelompok kecil 88 5 valid uji coba lapangan 92 24 % valid. Untuk hasil belajar sebelum dengan setelah menggunakan multimedia data tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan multimedia hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah siswa yang memenuhi SKM sebanyak 66 67% pada uji coba perseorangan 60% pada uji coba kelompok kecil dan 71 77% pada uji coba lapangan. Pengembangan ini menghasilkan sebuah multimedia yang dikembangkan dengan software swishmax dan dikemas dalam CD yang disertai dengan petunjuk pemanfaatan bagi pengguna. Diharapkan dengan adanya kelengkapan tersebut memudahkan pengguna dalam memanfaatkan multimedia Mari Mengenal Notasi Balok . Saran yang diberikan pengembang untuk guru bidang studi adalah supaya lebih terlibat dalam proses produksi multimedia khususnya dalam penyusunan matei dan soal tes hasil belajar siswa sehingga materi yang disajikan sejalan dengan tujuan pembelajaran yang ditentukan. Pengembang juga berharap sebelum pelaksanaan kegiatan pembelajaran guru mempersiapkan semua perlengkapan yang akan digunakan dan mempelajari multimedia yang akan dipakai sebelum kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan petunjuk pemanfaatan yang telah tersedia agar dalam pelaksanaannya guru tidak mengalami kendala dalam mengoperasikan multimedia. Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan multimedia hendaknya volume guru sedikit lebih besar dari pada volume multimedia sehingga siswa juga dapat mendengarkan penjelasan guru. Guru juga diharapkan lebih sering memanfaatkan media yang berkaitan dengan teknologi komputer. Sedangkan untuk pengembang selanjutnya diharapkan dalam proses produksi pengembangan sajian materi dapat bekerja sama dengan ahli materi dengan lebih menambah jumlah sajian materi. Pengembang juga harus lebih teliti dalam penyusunan petunjuk pemanfaatan dengan menambahkan penjelasan yang lebih rinci tentang penggunaan dan pemanfaatan multimedia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1062

Actions (login required)

View Item View Item