Analisis kinerja guru bersertifikasi pada sekolah dasar negeri dalam menyusun perencanaan pembelajaran se-kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Uma Fadhila Trisnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja guru bersertifikasi pada sekolah dasar negeri dalam menyusun perencanaan pembelajaran se-kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Uma Fadhila Trisnawati

Uma Fadhila (2011) Analisis kinerja guru bersertifikasi pada sekolah dasar negeri dalam menyusun perencanaan pembelajaran se-kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Uma Fadhila Trisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kinerja guru guru bersertifikasi rencana pembelajaran Guru yang profesional adalah guru yang memiliki kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Keempat kompetensi tersebut dapat diwujudkan melalui kinerja guru salah satunya kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru bersertifikasi yang mengajar di sekolah dasar negeri se-Kecamatan Poncokusumo dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan untuk mendeskripsikan kualitas rencana pembelajaran yang dibuat oleh guru bersertifikasi yang mengajar di sekolah dasar negeri se-Kecamatan Poncokusumo. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh guru bersertifikasi yang mengajar di sekolah dasar negeri se-Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang yang berjumlah 85 guru. Sampel penelitian berjumlah 65 guru yang diperoleh dengan teknik proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa angket dan dokumentasi RPP yang dibuat oleh guru. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif yang disajikan dengan tabel dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua guru bersertifikasi memiliki RPP dan dalam penyusunan RPP sebagian besar komponen sudah dilengkapi oleh guru. Aspek yang hanya sebagian kecil dilakukan oleh guru yaitu menyusun RPP dengan memperhatikan perbedaan karakteristik peserta didik mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi merumuskan tujuan pembelajaran yang mengandung unsur ABCD merencanakan model pembelajaran yang bervariasi membuat rangkuman materi memilih sumber belajar dari internet dan majalah dan membuat LKS sendiri. Ditinjau dari kualitas RPP yang dibuat oleh guru terdapat 57% guru yang sudah membuat RPP dengan baik dan memenuhi kelengkapan seluruh komponen RPP yang sesuai dengan standar proses. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kinerja guru bersertifikasi yang mengajar di sekolah dasar negeri se-Kecamatan Poncokusumo dalam menyusun rencana pembelajaran dapat dikategorikan baik. Selanjutnya ditinjau dari kualitas RPP yang dibuat oleh guru terdapat sebagian besar guru bersertifikasi yang mengajar di sekolah dasar negeri se-Kecamatan Poncokusumo memiliki kualitas RPP yang baik. Saran yang diberikan antara lain kepada guru agar dalam menyusun RPP melengkapi semua komponen dan kepada Dinas Pendidikan agar menindaklanjuti dengan mengadakan pelatihan pembuatan RPP yang lengkap dan sistematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/106018

Actions (login required)

View Item View Item