Pembelajaran IPS melalui metode role playing untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IV MI Sirojul Huda Rejoso pasuruan / Siti Farihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran IPS melalui metode role playing untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IV MI Sirojul Huda Rejoso pasuruan / Siti Farihah

Siti (2011) Pembelajaran IPS melalui metode role playing untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IV MI Sirojul Huda Rejoso pasuruan / Siti Farihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Role Playing Prestasi belajar IPS MI. IPS adalah suatu mata pelajaran yang mengkaji peristiwa fakta dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan terhadap proses pelaksanaan pembelajaran di MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan didapat data bahwa nilai rata-rata pratindakan 50 kurang dari kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan sekolah yaitu 65 sedangkan ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh adalah 18 75% kurang dari kriteria ketuntasan klasikal yang ditentukan sekolah 80%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS memaparkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS serta upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Perlu adanya suatu metode pembelajaran sebagai upaya mengatasi permasalahan tersebut. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Role Playing. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan mengikuti model siklus dari Hopkins yang meliputi perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan yang berjumlah 16 siswa. Tehnik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi wawancara dan test. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi berstruktur format panduan wawancara dan soal test. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut rata-rata belajar siswa dalam pembalajaran IPS secara klasikal mengalami peningkatan dari 50 pada pratindakan menjadi 70 63 pada siklus I kemudian menjadi 77 5 pada siklus II. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan hal ini dilihat dari perolehan skor keaktifan siswa pada siklus I dan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Role Playing dapat meningkatkan aktivitas siswa prestasi belajar IPS bagi siswa MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan. Berdasarkan penelitian ini hendaklah guru memperhatikan karakteristik siswanya dalam pembelajaran IPS sehingga prestasi siswa meningkat dan pembelajaran yang dilakukan menyenangkan dan bermakna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105953

Actions (login required)

View Item View Item