Peningkatan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Bendomungal II Kecamatan Bangil melalui pendekatan discovery / Mochamad Rozad - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Bendomungal II Kecamatan Bangil melalui pendekatan discovery / Mochamad Rozad

Mochamad (2011) Peningkatan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Bendomungal II Kecamatan Bangil melalui pendekatan discovery / Mochamad Rozad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kualitas Pembelajaran Pendekatan Discovery. Kualitas pembelajaran IPA pada materi mengidentifikasi wujud benda padat cair dan gas memiliki sifat-sifat tertentu yang dilaksanakan di kelas IV SDN Bendomungal II Kecamatan Bangil tergolong rendah. Dari 16 peserta didik yang ada hanya 44% (7 siswa) yang mampu menguasai materi pembelajaran dengan nilai rata-rata kelas 63. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk 1) Mendeskripsikan penerapan pendekatan discovery dalam pembelajaran IPA pada materi mengidentifikasi wujud benda padat cair dan gas memiliki sifat tertentu siswa kelas IV SDN Bendomungal II Kecamatan Bangil dan 2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar IPA siswa pada materi mengidentifikasi wujud benda padat cair dan gas memiliki sifat tertentu di kelas IV SDN Bendomungal II Kecamatan Bangil melalui penerapan pendekatan discovery 3) Mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran IPA pada materi mengidentifikasi wujud benda padat cair dan gas memiliki sifat tertentu siswa Kelas IV SDN Bendomungal II Kecamatan Bangil melalui penerapan pendekatan discovery. Pemecahan masalah dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) secara kolaboratif antara peneliti dengan kolaborator menggunakan pendekatan discovery. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SDN Bendomungal II semester I tahun pelajaran 2010-2011 yang berjumlah 16 anak. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui tes observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa secara deskriptif prosentase dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran IPA pada materi wujud benda melalui penerapan pendekatan discovery di kelas IV SDN Bendomungal II Kecamatan Bangil dalam penelitian ini adalah sebagai berikut a) Merumuskan masalah b) Mengumpulkan data c) Menganalisa data d) Menyajikan data e) Mengkomunikasikan data dan f) Menarik kesimpulan. (2) Tingkat aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan I adalah 65 3% dan pada siklus I pertemuan II naik menjadi 73 3% atau meningkat 8%. Pada siklus II pertemuan I aktivitas belajar siswa meningkat kembali menjadi 80% atau meningkat 6 7%. Pada pembelajaran siklus II pertemuan II aktivitas belajar siswa meningkat lagi 84% atau meningkat 4%. (3) Hasil belajar siswa pada tahap pra tindakan yang mendapat nilai 8805 70 hanya 44% atau 7 siswa dengan nilai rata-rata 63. Pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata kelasnya meningkat menjadi 68 1 (meningkat 5 1 poin) dengan ketuntasan belajar 62 5% (meningkat sebesar 18 5%). Pada siklus I pertemuan II nilai rata-rata kelasnya meningkat kembali menjadi 69 4 (meningkat 1 3 poin) dengan ketuntasan belajar 68 75% (meningkat 6 25%). Pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 72 5 (meningkat 3 1 poin) dengan ketuntasan belajar 75% (meningkat 6 25%). Pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata kelas siswa meningkat kembali menjadi 76 9 (meningkat 4 4 poin) dengan ketuntasan belajar 81 25% (meningkat 6 25%). Hasil tes yang diperoleh pada tindakan siklus II pertemuan II telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian karena itu penelitian ini dihentikan sampai pada tindakan siklus II pertemuan II. Peneliti menyarankan agar pendekatan discovery ini dapat diterapkan sebagai variasi pembelajaran di kelas agar siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti pelajaran dan lebih aktif dan kreatif. Pada penerapan pendekatan discovery yang dilaksanakan dalam penelitian ini masih ada 3 siswa (18 75%) yang belum tuntas belajar secara individu karena itu diharapkan kepada peneliti lain yang melaksanakan kegiatan penelitian melalui pendekatan yang sama agar meningkatkan hasil tersebut menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105948

Actions (login required)

View Item View Item