Peningkatan kemampuan siswa kelas 3 SDN Palangsari I Kecamatan Puspo mengerjakan soal cerita melalui teknik pengerjaan empat langkah / Yesin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan siswa kelas 3 SDN Palangsari I Kecamatan Puspo mengerjakan soal cerita melalui teknik pengerjaan empat langkah / Yesin

UNSPECIFIED (2011) Peningkatan kemampuan siswa kelas 3 SDN Palangsari I Kecamatan Puspo mengerjakan soal cerita melalui teknik pengerjaan empat langkah / Yesin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Peningkatan Kemampuan Soal cerita Empat langkah. Pendidikan Nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan peningkatan mutu dan relevansi serta efisiensi manajemen pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya dalam menghadapi tantangan global. Berdasarkan observasi awal di lapangan pembelajaran soal cerita dengan penerapan teknik pengerjaan empat langkah tidak selalu dipraktikkan di SDN Palangsari I Kecamatan Puspo. Sehingga berdampak terhadap kemampuan siswa mengerjakan soal cerita banyak kesalahan-kesalahan dan hasilnyapun rendah. Tujuan penelitian ini yaitu (1) meningkatkan kemampuan siswa kelas 3 SDN Palangsai I Kecamatan Puspo mengerjakan soal cerita melalui teknik pengerjaan empat langkah (2) meningkatkan aktivitas siswa kelas 3 SDN Palngsari I Kecamatan Puspo dalam mengerjakan soal cerita melalui teknik pengerjaan empat langkah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan PTK ini menggunakan model guru sebagai pengajar penelitian dengan acuan model siklus yang dikembangkan oleh Taggart dan Kemmis. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilaksanakan secara bersiklus sampai tujuan pembelajaran tercapai. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan melalui teknik pengerjaan empat langkah. Hal ini ditunjukkan dari hasil tindakan sebelum penerapan tehnik pengerjaan empat langkah melalui pretes dan setelah penerapan teknik pengerjaan empat langkah melalui uji kompetensi pada siklus I dan siklus II. Selain itu aktivitas siswa dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil pengamatan sebelum dan sesudah adanya tindakan. Berdasarkan Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan tehnik pengerjaan empat langkah dalam proses pembelajaran soal cerita dapat meningkatkan aktivitas serta kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita (2) disarankan agar dalam pembelajaran soal cerita sebaiknya menerapkan teknik pengerjaan empat langkah pada penelitian selanjutnya yang lebih bervariasi dalam bentuk dan penataan strategi sehingga menarik perhatian dan meningkatkan semangat belajar siswa. Selain itu juga memudahkan siswa untuk mengingat konsep dan menggunakan prosedur pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105946

Actions (login required)

View Item View Item