Penggunaan model clis untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Karangbesuki 4 kota malang / Femmy Ludrian Afrinda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model clis untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Karangbesuki 4 kota malang / Femmy Ludrian Afrinda

Femmy Ludrian (2011) Penggunaan model clis untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Karangbesuki 4 kota malang / Femmy Ludrian Afrinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci CLIS Pembelajaran IPA Peneliti melakukan observasi awal dengan melihat langsung pembelajaran IPA yang dilakukan guru kelas IV SDN Karangbesuki 4 Kota Malang. Dari hasil observasi dan wawancara dengan guru peneliti menemukan kelemahan dari pembelajaran yang dilakukan oleh guru yaitu (1) pembelajaran yang dilakukan guru kurang variatif dan (2) siswa pasif dalam pembelajaran. Kelemahan tersebut menyebabkan nilai rata-rata hasil evaluasi mata pelajaran IPA yaitu 63 03. Tiga sasaran hasil yang ingin dicapai dalam penelitian ini berdasarkan rumusan masalah yaitu (1) Mendeskripsikan penerapan model CLIS dalam meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Karangbesuki 4 Kota Malang (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar IPA siswa kelas IV SDN Karangbesuki 4 Kota Malang melalui model CLIS (3) Mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Karangbesuki 4 Kota Malang melalui model CLIS. Penelitian ini difokuskan pada peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Karangbesuki 4 Kota Malang melalui model Children s Learning in Science (CLIS). Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan menggunakan alur penelitian Kemmis dan MC. Taggart (dalam Susilo 2009). Tahapan dalam setiap siklusnya terdiri atas planning-perencanaan acting-tindakan observing-observasi atau pengamatan reflecting-refleksi. Teknik pengumpulan data yang disajikan berupa data observasi tes dan dokumentasi. Penelitian telah dilaksanakan sesuai rancangan penelitian. Dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Karangbesuki 4 Kota Malang guru telah menggunakan model CLIS. Kemampuan guru dalam pembelajaran melalui model CLIS juga semakin meningkat dari tiap pertemuan pada masing-masing siklus. Berdasarkan hasil observasi kemampuan guru pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 75 75. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 88 25. Pembelajaran dengan menggunakan model CLIS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 40 06 meningkat menjadi 58 96 pada siklus II. Pembelajaran dengan menggunakan model CLIS juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh rata-rata nilai evaluasi siswa yaitu 68 76 meningkat menjadi 76 29 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan dapat disimpulkan bahwa model CLIS dapat meningkatkan pembelajaran IPA selain itu juga meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Karangbesuki 4 Kota Malang serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karangbesuki 4 Kota Malang kompetensi dasar menjelaskan hubungan antara sifat bahan dan kegunaannya .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105944

Actions (login required)

View Item View Item