Penerapan media peta untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SDN Wrati II Kecamatan Kejayan Kabupaten Psuruan / Leksono Minto Utomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media peta untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SDN Wrati II Kecamatan Kejayan Kabupaten Psuruan / Leksono Minto Utomo

Leksono Minto (2011) Penerapan media peta untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SDN Wrati II Kecamatan Kejayan Kabupaten Psuruan / Leksono Minto Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Peta Hasil Belajar Sumberdaya Alam dan Kegiatan Ekonomi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar ditekankan pada siswa dapat mensistematisasikan bahan informasi dan atau kemampuan yang telah dimiliki tentang manusia dan lingkungannya menjadi lebih bermakna lebih peka dan tanggap terhadap berbagai masalah sosial dan bertanggung jawab meningkatkan rasa toleransi dan persaudaraan dilingkungannya sendiri dan antar manusia. Proses pembelajaran yang berjalan di SDN Wrati II secara umum masih menempatkan peserta didik sebagai obyek kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran di kelas diarahkan kepada kemampuan anak untuk menghafal informasi. Otak anak dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya. Berdasarkan observasi awal yang peneliti lakukan pada saat proses belajar mengajar di kelas IV SDN Wrati II Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan pada tanggal 06 Agustus 2010 diketahui terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran IPS di kelas tersebut. Dari permasalahan tersebut mengakibatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV kurang optimal yaitu 61 54. Padahal kriteria ketuntasan minimalnya adalah 65. Oleh karena itu pada penelitian ini dicoba untuk menangani kurang optimalnya hasil belajar IPS dengan menerapkan media peta melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Menurut Ibrahim dkk (2000 38) peta adalah penyajian visual yang merupakan gambaran datar dari permukaan bumi atau sebagian dari padanya dengan menggunakan titik-titik garis-garis dan simbol visual lainnya sehingga dapat menggambarkan lokasi suatu tempat luas jarak antar tempat dan keadaan dalam bentuk perbandingan dengan menggunakan skala tertentu. Sedangkan Latuheru (1988 1) menyatakan bahwa peta adalah gambaran konvensional dari pada permukaan bumi serta fenomena-fenomena yang diperkecil di atas bidang datar yang disesuaikan terhadap skala. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa materi pokok sumberdaya alam dan kegiatan ekonomi dengan menerapkan media peta. Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri atas empat fase yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan media peta (peta sumberdaya alam hasil pertanian perkebunan peternakan dan pertambangan di Jawa Timur) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Wrati II Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan. Hal ini terbukti dari data yang memaparkan hasil belajar pada siswa meningkat dari pra tindakan ke siklus I yaitu dari 61 54 menjadi 70 58 dan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 70 58 menjadi 94 23. Semua siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan penerapan media peta (peta sumberdaya alam hasil pertanian perkebunan peternakan dan pertambangan di Jawa Timur) di kelas IV SDN Wrati II Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan pada siklus I berjalan dengan baik meskipun ada beberapa kendala. Namun hal itu dapat diperbaiki pada siklus II. Adapun saran yang diberikan antara lain yaitu (1) guru bisa menerapkan media peta (peta sumberdaya alam hasil pertanian perkebunan peternakan dan pertambangan di Jawa Timur) dalam pembelajaran IPS di kelas IV (2) selain dengan penerapan media peta (peta sumberdaya alam hasil pertanian perkebunan peternakan dan pertambangan di Jawa Timur) guru perlu menerapkan media pembelajaran lain sehingga hasil belajar siswa kelas IV dapat lebih ditingkatkan lagi (3) penerapan media peta (peta sumberdaya alam hasil pertanian perkebunan peternakan dan pertambangan di Jawa Timur) dalam pembelajaran pada penelitian ini dapat digunakan oleh peneliti-peneliti lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105943

Actions (login required)

View Item View Item