Peningkatan pemahaman konsep nilai tempat bilangan melalui model pembelajaran aktif, kreatif efektif dan menyenangkan (Pakem) pada anak kelas III SDN Plosoarang 02 Blitar / Ali'ul Choriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep nilai tempat bilangan melalui model pembelajaran aktif, kreatif efektif dan menyenangkan (Pakem) pada anak kelas III SDN Plosoarang 02 Blitar / Ali'ul Choriyah

Ali'ul (2011) Peningkatan pemahaman konsep nilai tempat bilangan melalui model pembelajaran aktif, kreatif efektif dan menyenangkan (Pakem) pada anak kelas III SDN Plosoarang 02 Blitar / Ali'ul Choriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci nilai tempat bilangan media PAKEM. Pada proses pembelajaran Matematika tentang nilai tempat bilangan di SDN Plosoarang 02 terjadi beberapa hambatan antara lain beberapa anak mengantuk ramai guru menggunakan metode yang monoton dan anak kurang antusias serta aktif saat proses pembelajaran. Dari hasil evaluasi banyak anak mengalami kegagalan mengerjakan soal tentang nilai tempat bilangan 4 anak mengerjakannya keliru dengan nilai bilangan dan 3 anak yang lain keliru karena kurang teliti. Hanya ada 1 anak yang berhasil mengerjakan dengan benar. Atas dasar latar belakang di atas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran nilai tempat bilangan melalui Model PAKEM pada anak kelas III SDN Plosoarang 02 Blitar dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep nilai tempat bilangan melalui Model PAKEM pada anak kelas III SDN Plosoarang 02 Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik analisa data kualitatif dilakukan dengan menelaah seluruh data mereduksi data menafsirkan data dan memberikan pemaknaan hasil. Berdasarkan data penelitian ada peningkatan ketuntasan belajar pada pratindakan secara klasikal yaitu 17.5% meningkat menjadi 41.6% pada siklus I dan 66% pada siklus II . Sehingga ada 7 anak yang tidak tuntas pada pratindakan dan semua anak mengalami ketuntasan pada siklus II. Hal ini di dukung dengan data wawancara anak yang merasa selalu letih dan takut akan pelajaran Matematika mengaku senang mengikuti pelajaran setelah siklus II.Serta hasil observasi selama siklus I dan II yang menunjukkan peningkatan keaktifan dan kreatif anak selama proses pembelajaran. Bertolak dari data diatas maka dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran nilai tempat bilangan melalui model PAKEM bilangan mampu meningkatkan pemahaman konsep anak terhadap nilai tempat bilangan pada kelas III SDN Plosoarang 02. Oleh karena itu disarankan dalam proses pembelajaran hendaknya guru menentukan model pembelajaran dan media yang tepat sehingga pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105941

Actions (login required)

View Item View Item