Meningkatkan prestasi belajar IPS melalui media televisi pada siswa kelas V SDN Kraton 06 Kabupaten Magetan / Lesi Apriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan prestasi belajar IPS melalui media televisi pada siswa kelas V SDN Kraton 06 Kabupaten Magetan / Lesi Apriani

Lesi (2011) Meningkatkan prestasi belajar IPS melalui media televisi pada siswa kelas V SDN Kraton 06 Kabupaten Magetan / Lesi Apriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Prestasi IPS Media Televisi Masalah yang terjadi di SDN Kraton 06 terkait dengan pembelajaran IPS adalah kurangnya keterampilan guru dalam menyediakan pembelajaran yang bermakna proses pembelajaran didominasi oleh metode ceramah suasana pembelajaran kurang menyenangkan hal ini terbukti dari beberapa siswa terlihat tegang dan dari 40 siswa hanya 7 siswa saja yang nilainya dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal atau kurang dari 70. Untuk itu guru dapat menggunakan media yang dapat menarik siswa untuk meningkatkan prestasi seperti media televisi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan penerapan media televisi dalam pembelajaran IPS .mendiskripsikan prestasi belajar melalui media pendidikan televisi bagi siswa kelas V SDN Kraton 06 Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas V SDN Kraton 06 Kabupaten Magetan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi untuk memperoleh data yang berupa hasil Lembar Kerja Siswa lembar observasi kegiatan belajar mengajar (aktivitas guru dan siswa di dalam kegiatan pembelajaran). Data dalam penelitian ini diperoleh dari evaluasi observasi dan dokumentasi. Evaluasi digunakan untuk mendapat data tentang kemampuan atau perolehan belajar siswa pada materi pokok keragaman suku budaya di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka diperoleh peningkatan penggunaan media televisi dengan hasil pada siklus I dengan rata-rata 65 5 dan siklus II dengan nilai rata-rata 73 5. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kraton 06 Kabupaten Magetan yang berjumlah 40 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS tentang keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia melalui media televisi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Sehingga disarankan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan penelitian lebih lanjut dengan judul lainnya. Siswa dihadapkan pada berbagai kegiatan yang dapat memicu kreatifitas siswa dan menumbuhkan pengalaman baru bagi siswa di dalam pembelajaran. Siswa dibimbing dan diarahkan untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Guru hendaknya menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang memacu siswa untuk aktif dalam pembelajaran guru sebagai fasilitator bertugas membimbing dan mengarahkan siswa selama pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105939

Actions (login required)

View Item View Item