Upaya peningkatan pembelajaran IPA kelas V melalui penerapan pendekatan keterampilan proses di SDN Rejoso 02 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Rika Mellyaning Khoiriya - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan pembelajaran IPA kelas V melalui penerapan pendekatan keterampilan proses di SDN Rejoso 02 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Rika Mellyaning Khoiriya

Rika Mellyaning (2011) Upaya peningkatan pembelajaran IPA kelas V melalui penerapan pendekatan keterampilan proses di SDN Rejoso 02 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Rika Mellyaning Khoiriya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran IPA pendekatan keterampilan proses Pembelajaran IPA dengan menggunakan metode ceramah dan penugasan telah menjadikan siswa sebagai subyek belajar yang pasif karena hanya melihat mendengar dan mencatat penjelasan guru mengerjakan tugas sehingga siswa kurang terlatih keterampilan prosesnya dalam menemukan fakta konsep dan prinsip dengan sendirinya melalui sebuah percobaan. Aktivitas siswa dalam pembelajaran cenderung pasif.Hasil belajar siswa rata-rata 63 2. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Keunggulan dari pendekatan keterampilan proses adalah siswa akan lebih aktif dalam belajar karena mendapat berbagai keterampilan yang dapat membantu siswa untuk memahami materi dan mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan kritis terhadap masalahyang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendesdripsikan pelaksanaan pembelajaran IPAdengan menggunakan pendekatan keterampilan proses pada kompetensi dasar menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda baik sementara maupun tetap (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas V melalui pendekatan keterampilan proses (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas V SDN Rejoyoso 02 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas belajar pada siklus I mencapai rata-rata 73 dan siklus II mencapai rata-rata 80.Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I dan II.Pada siklus I diperoleh rata-rata 71 45dan siklus II diperoleh rata-rata 84 07. Ketuntasan belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan dari siklus I dan II yaitu 79 59% menjadi 92 59% sehingga kelas dinyatakan tuntas dalam belajar dan dapat melanjutkan pembelajaran berikutnya dengan kompetensi dasar yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1)bagi Guru sebaiknya memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan intelektual sosial dan fisik melalui penerapan pendekatan keterampilan proses dan ( 2) bagi peneliti lain dapat mengembangkan penelitian dengan pendekatan keterampilan proses dan membahas tentang efektivitas pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105938

Actions (login required)

View Item View Item