Pemanfaatan media ritatoon untuk meningkatkan hasil belajar SBK bidang seni rupa kelas IV MU Hubbul Wathon Kec. Pandaan Kab. Pasuruan / Novia Irmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media ritatoon untuk meningkatkan hasil belajar SBK bidang seni rupa kelas IV MU Hubbul Wathon Kec. Pandaan Kab. Pasuruan / Novia Irmawati

Novia (2011) Pemanfaatan media ritatoon untuk meningkatkan hasil belajar SBK bidang seni rupa kelas IV MU Hubbul Wathon Kec. Pandaan Kab. Pasuruan / Novia Irmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Ritatoon Hasil Belajar Seni rupa Berdasarkan observasi saat pembelajaran seni rupa materi menggambar di kelas IV MI Hubbul Wathon ditemukan fakta bahwa materi menggambar kurang dilaksanakan. Untuk pembelajaran menggambar diberikan waktu akhir ujian semester. Saat pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan tanpa menggunakan media. Guru hanya menggunakan buku paket kesenian sebagai sumber belajar. Evaluasi akhir dihasilkan skor rata-rata kelas sebesar 65 yaitu dari 23 siswa hanya 10 siswa yang mencapai nilai di atas SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimal) 70 00 dan 13 siswa lainnya tidak mencapai SKBM yang ditetapkan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran seni rupa materi menggambar ilustrasi dengan memanfaatkan media ritatoon di kelas IV MI Hubbul Wathon (2) Mendeskripsikan aktivitas pembelajaran seni rupa materi menggambar ilustrasi dengan memanfaatkan media ritatoon di kelas IV MI Hubbul Wathon (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar seni rupa materi menggambar ilustrasi dengan memanfaatkan media ritatoon di kelas IV MI Hubbul Wathon. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV di MI Hubbul Wathon sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dokumentasi dan tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa penggunaan media ritatoon pada pembelajaran seni rupa di kelas IV MI Hubbul Wathon sudah dapat dikatakan berhasil dengan adanya peningkatan proses pembelajaran pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Penggunaan media ritatoon juga telah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatkan aktivitas siswa yang terjadi pada saat pembelajaran. Taraf peningkatan aktivitas siswa pada siklus 1 yaitu sebesar 64 37 dan pada siklus 2 sebesar 73 11. Untuk hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari refleksi awal dengan pencapaian rata-rata kelas sebesar 65 00 pada siklus I meningkat menjadi 67 50 dan pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 68 94. Peningkatan hasil belajar siswa tidak hanya terfokus pada aspek ketrampilan kognitif tapi juga pada aspek keterampilan afektif dan keterampilan psikomotorik. Kesimpulannya adalah penggunaan media ritatoon pada pembelajaran seni rupa materi menggambar ilustrasi di kelas IV MI Hubbul Wathon sudah dapat meningkatkan proses pembelajaran aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran ditujukan bagi guru untuk menggunakan media ritatoon dalam pembelajaran seni rupa agar proses pembelajaran aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat bagi kepala sekolah dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai pengayaan pengembangan profesi guru dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105937

Actions (login required)

View Item View Item