Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Indonesia dengan menggunakan media permainan doll speak pada siswa kelas III SDN Gambiran I Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan / Widiastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Indonesia dengan menggunakan media permainan doll speak pada siswa kelas III SDN Gambiran I Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan / Widiastuti

UNSPECIFIED (2011) Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Indonesia dengan menggunakan media permainan doll speak pada siswa kelas III SDN Gambiran I Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan / Widiastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci keterampilan berbicara permainan doll speak SD Untuk mempermudah siswa mengeluarkan ide atau gagasan dalam berbicara guru sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang relevan dengan kompetensi yang akan dicapai. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara peneliti menggunakan media permainan boneka (doll speak) karena boneka sangat disukai oleh siswa terutama di kelas rendah hal ini dilakukan agar siswa lebih termotivasi dan bebas mengungkapkan ide dalam berbicara . Permasalahan yang terungkap selama melakukan penelitian (1) Siswa kesulitan dalam berbicara yaitu dalam ketepatan ucapan dan intonasi berbicara (2) Siswa belum banyak dalam menggunakan pemilihan kata dan struktur kalimat saat berbicara (3) Siswa kurang keras (nyaring) dalam berbicara dan (4) siswa kurang lancar dalam keterampilan berbicara Penelitian ini merupakan penelitian yang berbasis kelas. Dengan demikian metode yang digunakan yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi dua siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan secara berdaur yang terdiri atas empat tahap yaitu 1) perencanaan 2) tindakan 3) pengamatan dan 4) refleksi. Data penelitian diambil melalui tes dan nontes. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa instrumen tes perbuatan yang berisi aspek-aspek kriteria penilaian keterampilan berbicara. Alat pengambilan data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi wawancara dan dokumentasi (foto). Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Kegiatan yang dilaksanakan dalam penelitian ini berdasarkan pada langkah-langkah sebagai berikut. (1) pemodelan cerita (2) bermain peran doll speak secara berpasangan (3) tanya-jawab (4) bermain doll speak dalam kelompok besar) Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil proses belajar siswa pada pembelajaran berbicara melalui permainan Doll Speak mengalami peningkatan yang lebih baik bila dibandingkan dengan hasil belajar siswa sebelumnya. Nilai proses belajar sebelum tindakan (pra tindakan) rata-rata kelas 48 9. Pada siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 19 4 dari 48 9 menjadi 68 5 pada siklus I. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 16 8 yaitu dari 68 5 menjadi 85 3 pada siklu II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam keterampilan berbicara dengan media boneka (doll speak) dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas III SDN Gambiran I Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105936

Actions (login required)

View Item View Item