Fitria (2011) Peningkatan pembelajaran tentang mengidentifikasi peredaran darah manusia melalui model inside-outside-circle (IOC) pada siswa kelas V SDN Landungsari 01 Malang / Fitria Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Peredaran darah Model IOC. Pada pembelajaran gangguan alat peredaran darah manusia di kelas V SDN Landungsari Malang ditemukan bahwa siswa masih belajar secara individual kurang adanya kerjasama di antara siswa dan juga guru kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk membangun pengalamannya sendiri. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pra tindakan yaitu 44 70 dan masih terdapat 30 siswa (88 23%) yang belum mencapai ketuntasan belajar individu yang telah ditetapkan yaitu 65. Selain itu juga dapat diketahui bahwa nilai rata-rata UTS kelas dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada semester gasal 2010 sebesar 63 20 yang juga masih berada di bawah KKM yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) pada pembelajaran peredaran darah manusia di kelas V SDN Landungsari 01 Malang (2) keaktifan siswa ketika pelaksanaan pembelajaran peredaran darah manusia dengan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) (3) peningkatan hasil belajar peredaran darah manusia dengan menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dan (4) mendeskripsikan respon siswa kelas V SDN Landungsari 01 Malang mengenai pelaksanaan pembelajaran peredaran darah manusia dengan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC). Penelitian ini dilakukan di SDN Landungsari 01 Malang dengan subyek siswa kelas V sebanyak 34 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis Mc. Taggart meliputi empat tahap yaitu 1) planning 2) acting observing 3) reflecting dan 4) revise plan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model IOC pada pembelajaran peredaran darah manusia siswa kelas V SDN Landungsari 01 Malang dapat dilaksanakan dengan baik dalam dua siklus dengan siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Hal ini terbukti pada setiap siklus seluruh indikator dapat tercapai dengan baik sesuai RPP yang dibuat. Penggunaan model IOC juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa berupa hasil kinerja kelompok dan hasil tes tulis. Hal ini terbukti dari rata-rata hasil tes tulis pada siklus I yaitu 65 45 dengan ketuntasan belajar kelas 11 76% meningkat menjadi 75 15 dengan ketuntasan belajar kelas sebesar 90 90% pada siklus II. Selain itu penggunaan model IOC juga terbukti meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran berlangsung. Dalam hal ini siswa juga memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran yang berlangsung. Maka dari itu saran yang dapat diberikan oleh peneliti dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SD adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran pada materi atau mata pelajaran lain. Selain itu penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan penelitian-penelitian berikutnya agar menjadi lebih baik di kemudian hari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/105935 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |