Nur (2011) Pemanfaatan media permainan monopoli untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas 3 MI Sabilunnajah Pasrepan / Nur Fauzia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Permainan Monopoli Hasil Belajar. Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Karena itu pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional khususnya dalam kegiatan pengajaran. Selama ini pengajaran IPS pun di sekolah cenderung konvensional bersifat hafalan penuh dengan teori linguistik yang rumit lebih sering menyalin dari papan tulis buku paket sebagai buku wajib serta guru yang cenderung menggunakan metode ceramah. Pola semacam itu hanya membuat siswa merasa jenuh untuk belajar IPS. Dengan demikian penelitian ini dilakukan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas 3 MI Sabilun Najah Pasrepan dengan memanfaatkan media permainan monopoli (2) mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran permainan monopoli untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas 3 MI Sabilunnajah Pasrepan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah PTK terdiri dari 2 siklus dimulai dari tahap perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas 3 MI Sabilunnajah Pasrepan-Pasuruan semester 1 tahun ajaran 2010/2011. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 1) observasi 2) tes 3) Wawancara 4) dokumentasi. Penelitian ini dilakukan secara bersiklus. Tiap Siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 13 dan 15 Nopember 2010. Siklus II dilaksanakan pada tanggal 20 dan 22 Nopember 2010. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada siklus I prosentase rata-rata kelas meningkat menjadi 64 28 dengan tingkat ketuntasan mencapai 50% dan ketidaktuntasan mencapai 50 %. Pada siklus II prossentase rata- rata kelas meningkat menjadi 77 85 dengan tingkat ketuntasan mencapai 78 57% dan ketidaktuntasan mencapai 21.43% dari 14 siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan memanfaatkan media permainan monopoli mengalami keberhasilan. Dari penelitian ini diharapkan agar guru dapat menggunakan media permainan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain apabila menggunakan media ini diharapkan untuk menambah referensi dalam pembelajaran IPS yang menarik dan menyenangkan bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/105932 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |