Peningkatan keterampilan menulis melalui teknik pembelajaran menulis terpimpin di kelas V MI. Miftahul Ulum Grogol Gondangwetan Pasuruan / Khilmiyatur Rokhman - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis melalui teknik pembelajaran menulis terpimpin di kelas V MI. Miftahul Ulum Grogol Gondangwetan Pasuruan / Khilmiyatur Rokhman

Khilmiyatur (2011) Peningkatan keterampilan menulis melalui teknik pembelajaran menulis terpimpin di kelas V MI. Miftahul Ulum Grogol Gondangwetan Pasuruan / Khilmiyatur Rokhman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Menulis Gambar Seri Bahasa Indonesia SD. Menulis merupakan salah satu keterampilan yang termuat dalam empat komponen keterampilan berbahasa di SD/MI. Menulis adalah menuangkan ide atau gagasan kedalam bentuk tulisan. Terdapat banyak strategi media belajar dan pendekatan yang dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis. Materi keterampilan menulis yang diajarkan di SD kelas tinggi yaitu menulis puisi menulis laporan menulis surat dan menulis karangan. Media belajar yang dapat dimanfaatkan dalam menulis antara lain gambar seri .Gambar seri yang disajikan dipilih berdasarkan tema yang telah disepakati bersama antara guru dan siswa. Setiap gambar seri yang disajikan memuat satu pikiran pokok yang nantinya dijadikan kerangka karangan. Kemudian kerangka karangan tersebut dikembangkan menjadi beberapa paragraf. Penelitian ini dilakukan di MI. Miftahul Ulum Grogol Gondangwetan Pasuruan. Tanggal 12 April- 15 Mei 2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif berupa PTK. Data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam menulis adalah skor yang diperoleh siswa pada lima tahap menulis yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik pembelajaran menulis terpimpin dengan media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis karangan. Pada tahap pra tindakan ketuntasan hasil belajar siswa ada pada 43% siklus I mengalami peningkatan menjadi 62 8%. Siklus II meningkat menjadi 72 3% dan pada siklus III telah mengalami peningkatan menjadi 89%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut misalnya cara mengatasi rendahnya minat siswa dalam menulis karangan penerapan teknik atau pendekatan menulis lain untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105931

Actions (login required)

View Item View Item