Reni (2011) Peningkatan pembelajaran soal cerita FPB melalui strategi peningkatan kemampuan berpikir (SPKB) siswa kelas V SDN Tlogo 03 Kabupaten Blitar / Reni Prasetyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pembelajaran FPB SPKB Pemilihan model pembelajaran dalam proses pembelajaran harus mampu menciptakan pembelajaran yang bermakna dan melatih berpikir siswa tidak hanya sekedar mengingat dan memahami. Sehingga dalam pembelajaran matematika dapat efektif dan mencapai sasaran.Hal ini akan terlihat berdasarkan hasil pererapan model pembelajaran yang dilakukan guru. Pembelajaran adalah proses yang sengaja dirancang dengan tujuan untuk menciptakan suana lingkungan belajar yang aktif. Berdasarkan data dari hasil observasi proses pembelajaran yang terjadi masih cenderung pasif dan siswa kelas V masih bingung dalam memahami kata demi kata yang terdapat dalam soal cerita tentang FPB yang diberikan. Sehingga masih banyak siswa yang hasil belajarnya di bawah KKM. Adapun cara untuk memecahkan masalah tersebut yaitu peneliti menggunakan model pembelajaran SPKB atau Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir.. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pembelajaran penyelesaian soal cerita FPB di kelas V SDN Tlogo 03 Kabupaten Blitar. Adapun subjek penelitian adalah siswa siswi kelas V SDN Tlogo 03 Kabupaten Blitar semester I tahun pelajaran 2010/2011. Siswa yang diteliti berjumlah 15 siswa dengan jumlah siswa perempuan sebanyak 4 dan 11 siswa laki-laki. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dimana masing-masing siklus dilaksanakan satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaa observasi tindakan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penelitian tindakan kelas dikatakan berhasil apabila nilai rata-rata kelas mencapai lebih dari nilai KKM yaitu 70 dan ketuntasan klasikal mencapai 80 %. Dari hasil refleksi pada tiap siklus nilai ketuntasan belajar klasikal menunjukkan adanya peningkatan. Nilai ketuntasan belajar klasikal pada pra tindakan 33 33% siklus I 66 67% sedangkan pada siklus II 100%. Pada siklus II menunjukkan hasil yang baik bahkan melebihi tolok ukur yang telah ditentukan. Dengan demikian pembelajaran soal cerita FPB melalui SPKB siswa kelas V SDN Tlogo 03 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar dapat ditingkatkan. Untuk itu disarankan agar guru kelas V dalam melakukan pembelajaran matematika mengenai penyelesaian soal cerita FPB menggunakan model pembelajaran SPKB.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/105928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |