Meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran melalui metode pemecahan masalah Polya pada siswa kelas III MIN Bulusari Gempol Pasuruan / Muhammad Nabil - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran melalui metode pemecahan masalah Polya pada siswa kelas III MIN Bulusari Gempol Pasuruan / Muhammad Nabil

Muhammad (2011) Meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran melalui metode pemecahan masalah Polya pada siswa kelas III MIN Bulusari Gempol Pasuruan / Muhammad Nabil. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Metode Pemecahan Masalah Polya Hasil Belajar Matematika MIN Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti terhadap pembelajaran matematika di kelas III MIN Bulusari Gempol Pasuruan. Dari hasil pengamatan dan wawancara dengan beberapa siswa kelas III diperoleh berbagai permasalahan yaitu (1) dalam mengajar guru tidak menggunakan media pembelajaran (2) metode yang digunakan guru hanya ceramah dan penugasan (3) guru tidak memberikan kesempatan siswa untuk menemukan sendiri pemecahan suatu masalah (5) hasil belajar yang dicapai siswa pada pokok bahasan operasi hitung campuran secara klasikal hanya 43 5. Untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika khususnya tentang operasi hitung campuran diterapkan metode pemecahan masalah Polya dimana siswa didorong dan diberi kesempatan seluas-luasnya untuk berinisiatif dan berfikir sistematis dalam menghadapi suatu masalah dengan menerapkan pengetahuan yang didapat sebelumnya sehingga siswa tertarik senang aktif dan tidak bosan dalam mengikuti pelaksanaan pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan cara meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran melalui metode pemecahan masalah Polya dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar operasi hitung campuran melalui metode pemecahan masalah Polya pada siswa kelas III MIN Bulusari Gempol Pasuruan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif model Kemmis dan Taggart yang dilakukan secara bersiklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan yaitu dari September-Nopember 2010. Subyek penelitian ini siswa kelas III MIN Bulusari Gempol Pasuruan sebanyak 25 siswa terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Data penelitian diperoleh dari observasi wawancara dan hasil tes. Data yang terbentuk selanjutnya dianalisis melalui reduksi data paparan data dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode pemecahan masalah ini mampu meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas III MIN Bulusari Gempol Pasuruan. Rata-rata hasil belajar siswa pada pratindakan sebesar 56 04 pada siklus I meningkat menjadi 76 08 dan pada siklus II meningkat menjadi 85 36 sehingga mengalami peningkatan dari pratindakan ke siklus I sebesar 20 04 dan dari siklus I ke siklus II sebesar 9 28. Untuk itu disarankan bagi guru untuk (1) memilih strategi dan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang dibahas (2) selalu memotivasi siswanya agar semangat dalam belajar dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk aktif dalam pelaksanaan pembelajaran dan (3) memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap proses dan hasil belajar siswanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105925

Actions (login required)

View Item View Item