Penerapan model pembelajaran discovery untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V di MI Miftahul Ulum Kejapanan / Ismaul Chusnah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran discovery untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V di MI Miftahul Ulum Kejapanan / Ismaul Chusnah

Ismaul (2011) Penerapan model pembelajaran discovery untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V di MI Miftahul Ulum Kejapanan / Ismaul Chusnah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Discovery Pembelajaran IPA. Penggunaan model Discovery menempatkan siswa sebagai subyek dan guru sebagai fasilitator motivator dan moderator dalam proses pembelajaran. Pembelajaran dengan model Discovery memberi kesempatan kepada siswa untuk terlibat secara langsung pada saat proses pembelajaran. Dari observasi awal guru lebih dominan menggunakan metode klasikal tidak dapat membuktikan kebenaran konsep sehingga siswa menjadi kurang aktif dan cenderung pasif. Diduga faktor inilah yang menyebabkan prestasi siswa masih rendah berdasarkan hasil tes hanya mencapai 57. dengan demikian menunjukkan hasil belum mencapai KKM yang ditetapkan. Tujuan penelitian (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery IPA materi pokok Alat pencernaan pada Manusia dan hubunganya dengan kesehatan melalui tahap-tahap pembelajaran (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA materi pokok Alat pencernaan pada manusia dan hubunganya dengan kesehatan setelah menerapkan model Discovery. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan M.C taggart meliputi. (1) Planning (2) Acting dan Observing (3) Reflecting (4) Revise Plan. Dalam penelitian rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi wawancara dokumentasi tes. Dengan begitu hasil penelitian dapat diketahui bahwa pemanfaatan model discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa dapat merubah siswa yang tadinya pasif menjadi aktif tidak senang takut dengan pembelajaran IPA menjadi menyenangkan. Karena siswa ditekankan pada pemahaman konsep dan pengalaman langsung melalui aktivitas percobaan dan pengamatan. Siswa tidak hanya mendengarkan dan mencatat apa yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan model discovery dalam pembelajaran IPA materi Alat pencernaan pada manusia dan hubunganya dengan kesehatan dikelas V MI. Miftahul Ulum Kejapanan mengalami peningkatan. Siswa menjadi aktif menyenangkan dan dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Mengingat pada penelitian ini masih terdapat kekurangan-kekurangan diantaranya belum bisa menuntaskan hasil belajar siswa seluruhnya. Maka saran bagi guru selanjutnya supaya mengkombinasikan penggunaan model Discovery dengan menggunakan media lain yang relevan yang sekiranya mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105924

Actions (login required)

View Item View Item