Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan mengembangkan kerangka karangan menjadi paragraf bagi siswa kelas V MI Maarif Ngering Gempol Pasuruan / Ruri Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan mengembangkan kerangka karangan menjadi paragraf bagi siswa kelas V MI Maarif Ngering Gempol Pasuruan / Ruri Rahayu

Ruri (2011) Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan mengembangkan kerangka karangan menjadi paragraf bagi siswa kelas V MI Maarif Ngering Gempol Pasuruan / Ruri Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Gambar Seri Kerangka Karangan Paragraf Dalam mengembangkan kerangka karangan menjadi paragraf bagi siswa kelas V MI Maarif Ngering Gempol Pasuruan masih belum mampu mengembangkan kerangka karangan menjadi paragraf sesuai dengan media gambar seri dan sudah menguasai struktur kalimat yang tepat dan alur cerita yang runtut. Dengan penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan mengembangkan kerangka karangan menjadi paragraf maka kemampuan kemampuan siswa dalam mengembangkan kerangka karangan menjadi paragraf akan meningkat Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan menggunakan gambar seri untuk meningkatkan kemampuan mengembangkan kerangka karangan menjadi paragraf siswa kelas V MI Maarif Ngering Gempol Pasuruan 2) Mendeskripksikan penggunaan gambar seri untuk meningkatkan kemampuan mengembangkan kerangka karangan menjadi paragraf siswa kelas V MI Maarif Ngering Gempol Pasuruan. Subyek penelitian dari penelitian ini adalah siswa kelas V MI Maarif Ngering Gempol Pasuruan yang berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi tes dan non. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dua siklus. Data yang diperoleh dianalisis secara deskripsi kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Pemerolehan data kuantitatif dilakukan dengan melakukan tes hasil kerja siswa dan data secara kualitatif dilakukan dengan melakukan observasi atau pengamatan. Hasil analisis data menunjukkan tingkat ketuntasan pada pra-Siklus sebesar 29 7 % Siklus I 78 4 % dan pada akhir siklus II mencapai 94 6 %. Hal ini berarti bahwa kemampuan siswa kelas V dalam menulis karangan mengalami peningkatan serta dapat menciptakan suasana pembelajaran yang baru dan menyenangkan bagi siswa. Berdasarkan kesimpulan maka peneliti menyarankan kepada 1) Bagi para guru hendaknya meningkatkan wawasan dan kemampuan mengembangkan kerangka karangan menjadi paragraf dalam pembelajaran baahasa Indonesia 2) Pihak Kepala Sekolah hendaknya selalu memberi semangat dan memfasilitasi guru untuk terus melakukan inovasi pembelajaran demi perbaikan kualitas pembelajaran di sekolah serta pihak sekolah hendaknya bersikap legawa terhadap usulan inovasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105921

Actions (login required)

View Item View Item