M. (2011) Penerapan pembelajaran tematik tema lingkungan sekolah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III di MI Darul Ulum Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan / M. Ridwanulloh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Tematik keaktifan Hasil Belajar Permasalahan yang muncul pada pembelajaran tematik dikelas III MI Darul Ulum Rembang adalah kurangnya minat belajar siswa didalam kelas sehingga siswa merasa bosan jenuh dan guru kurang kreatif dalam penerapan model model pembelajaran di kelas media pembelajaran kurang bervariasi dan menarik monoton pada buku paket serta kurang bagus dalam pengelolaan manajemen kelas sehingga berpengaruh pada keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan Pembelajaran Tematik Tema Lingkungan sekolah yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa (2) mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran Tematik tema Lingkungan sekolah (4) mendeskripsikan tanggapan siswa setelah mendapatkan Pembelajaran Tematik tema Lingkungan sekolah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah PTK ini meliputi 2 siklus pada siklus I dilaksanakan selama empat hari sedangkan pada siklus II dilaksanakan selama empat hari. Subjek penelitian ini dibatasi pada siswa kelas III MI Darul Ulum Rembang Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dokumentasi dan wawancara. Sedangkan evaluasi yang dilakukan terfokus pada proses dan hasil dengan menggunakan tehnik tes dan non tes. Hal ini dapat dilihat pada perolehan skor uji kompetensi yang meningkat dari rata rata sebelumnya 67 8 pada siklus I dan meningkat 70 6 pada siklus II. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai di atas 73 4 % jadi siklus dihentikan. Dampak penerapan pembelajaran Tematik tema lingkungan Sekolah pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti (1) sekolah dapat memberikan dukungan baik berupa sumber pembelajaran ataupun media pembelajaran yang mendukung terhadap penerapan pembelajaran tematik tema limgkungan sekolah dikelas rendah sekolah dasar. (2) guru hendaknya menerapkan pembelajaran tematik secara utuh pada semua mata pelajaran sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/105919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |