Peningkatan pemahaman konsep pengukuran waktu melalui model pakem siswa kelas V SDN Tanggung 2 Kota Blitar / Ika Ismita Yanuri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep pengukuran waktu melalui model pakem siswa kelas V SDN Tanggung 2 Kota Blitar / Ika Ismita Yanuri

Ika Ismita (2011) Peningkatan pemahaman konsep pengukuran waktu melalui model pakem siswa kelas V SDN Tanggung 2 Kota Blitar / Ika Ismita Yanuri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pemahaman Pengukuran Waktu Model PAKEM Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas V pada waktu pembelajaran Matematika adalah sebagai berikut (1) Proses belajar mengajar masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan kreatif dalam menemukan sendiri konsep (2) Penjelasan guru kurang dapat dipahami siswa dengan baik karena penjelasan guru di papan tulis terlalu cepat (3) Guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran (4) Hendaknya guru mengajar dengan metode yang bervariasi (5) Pembelajaran terkesan tegang dan kurang menyenangkan (6) Pembelajaran kurang efektif sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan (7) Siswa tidak berani bertanya tentang materi yang belum dipahami. Berdasarkan pengalaman yang dilakukan terhadap proses pembelajaran matematika yang berlangsung diperoleh hasil yang kurang memuaskan yaitu dari 21 siswa hanya 8 siswa saja yang nilainya dapat mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal) atau 8805 60 sedangkan 13 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau 8804 60. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran dalam matapelajaran matematika perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model PAKEM. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika pengukuran waktu menggunakan model PAKEM pada siswa kelas V SDN Tanggung 2 Kota Blitar (2) Bagaimanakah peningkatan pemahaman siswa terhadap pengukuran waktu setelah menggunakan model PAKEM pada siswa kelas V SDN Tanggung 2 Kota Blitar Penelitian ini dilakukan di SDN Tanggung 2 Kota Blitar dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar) dan guru kelas (mitra peniliti) sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PAKEM pada mata pelajaran matematika di kelas V sudah sangat baik. Hal ini didukung dengan sudah munculnya semua aspek/komponen PAKEM pada saat pembelajaran berlangsung. Hal itu juga diikuti dengan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang pengukuran waktu yang ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang sangat baik. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pra tindakan adalah 38 10% pada siklus I adalah 90 47 dan pada siklus II adalah 100%. Berdasarkan hasil kesimpulan disarankan kepada guru kelas V SDN Tanggung 2 Kota Blitar untuk menggunakan model PAKEM pada pembelajaran matematika agar hasil belajar siswa optimal dan siswa aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105918

Actions (login required)

View Item View Item