Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode bermain peran siswa kelas V MI Bacem Kabupaten Blitar / Diana Saiekul Ulum - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode bermain peran siswa kelas V MI Bacem Kabupaten Blitar / Diana Saiekul Ulum

Diana Saiekul (2011) Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode bermain peran siswa kelas V MI Bacem Kabupaten Blitar / Diana Saiekul Ulum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci keterampilan berbicara metode bermain peran Dari hasil observasi menunjukkan bahwa masalah yang terjadi di MI Bacem kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar dalam mengajar keterampilan berbicara guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan sehingga siswa merasa bosan dan tidak ada ketertarikan untuk belajar. Pemilihan metode dalam mengajar sangatlah menentukan hasil belajar siswa. Jika guru dalam pembelajaran menggunakan metode yang tepat maka hasil belajar siswa akan baik. Begitu juga sebaliknya jika guru dalam mengajar tidak menggunakan metode yang tepat maka dalam pembelajaran tidak akan berhasil. Berdasarkan latar belakang dalam pembelajaran di kelas V maka masalah yang muncul adalah bagaimana penerapan metode bermain peran siswa kelas V dan apakah penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode bermain peran di kelas V dan mendeskripsikan penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Sasaran dari penelitian ini adalah siswa kelas V MI Bacem Kecamatan Ponggok kabupaten Blitar. Data penelitian ini diperoleh dari tes lembar observasi dalam kegiatan belajar mengajar angket dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikutberdasarkan hasil tes prasiklus menunjukkan bahwa rata-rata perolehan nilai belajar siswa adalah 60 95 pada siklus I rata-rata perolehan nilai siswa adalah 65 62 pada siklus II dengan nilai rata-rata 77 45. Kesimpulan dari penulis berdasarkan paparan data di atas adalah penggunaan metode dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105917

Actions (login required)

View Item View Item