Peningkatan hasil belajar operasi hitung bilangan cacah melalui pembelajaran realistic mathematic education (RME) pada siswa kelas III di SDN Tuliskriyo 01 Kabupaten Blitar / Maria Susilawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar operasi hitung bilangan cacah melalui pembelajaran realistic mathematic education (RME) pada siswa kelas III di SDN Tuliskriyo 01 Kabupaten Blitar / Maria Susilawati

Maria (2011) Peningkatan hasil belajar operasi hitung bilangan cacah melalui pembelajaran realistic mathematic education (RME) pada siswa kelas III di SDN Tuliskriyo 01 Kabupaten Blitar / Maria Susilawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hasil Belajar Bilangan Cacah RME Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas III pada waktu pembelajaran Matematika adalah sebagai berikut (1) proses belajar mengajar masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan kreatif dalam menemukan sendiri konsep (2) penjelasan guru kurang dapat dipahami siswa dengan baik (3) siswa yang ramai di dalam kelas cukup banyak (4) dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas dan (5) siswa kurang terampil mengerjakan operasi hitung bilangan cacah. Berdasarkan pengalaman yang dilakukan terhadap proses pembelajaran Matematika yang berlangsung diperoleh hasil yang kurang memuaskan yaitu dari 15siswa hanya 4 siswa saja yang nilainya dapat mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal) atau 8805 60 sedangkan 11 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau 60. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Rumusan masalah penelitian ini (1) Bagaimana penerapan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) tentang operasi hitung bilangan cacah pada siswa kelas III di SDN Tuliskriyo 01 Kabupaten Blitar (2) Apakah ada peningkatan hasil belajar operasi hitung bilangan cacah melalui pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) pada siswa kelas III di SDN Tuliskriyo 01 Kabupaten Blitar Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas III. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar) guru kelas (mitra peniliti) sebagai observer dan rekan mahasiswa sebagai pengambil foto dalam proses pembelajaran perkalian bilangan cacah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran RME tentang operasi hitung bilangan cacah pada kelas III di SDN Tuliskriyo 01 Kabupaten Blitar sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang sangat baik pula. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pra tindakan adalah 26 67% pada siklus I 80% dan pada siklus II adalah 100%. Berdasarkan hasil kesimpulan disarankan kepada guru kelas III SDN Tuliskriyo 01 Kabupaten Blitar untuk menggunakan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dalam pembelajaran Matematika khususnya pada materi operasi hitung bilangan cacah agar hasil belajar siswa meningkat dan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105916

Actions (login required)

View Item View Item