Muhamad (2011) Penerapan manajemen berbasis sekolah di SD Negeri Rejosalam 2 Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan / Muhamad Hasan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Manajemen Berbasis Sekolah. Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan di Indonesia dari sentralistik menjadi desentralistik sehingga sekolah-sekolah memperoleh hak otonomi untuk mengelola sumber-sumber daya pendidikan yang dimilikinya akan tetapi pada kenyataannya masih banyak sekolah yang belum memahami bagaimana cara menyelenggarakan pendidikan yang lebih baik bermutu dan lebih memadai. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan Manajemen Berbasis Sekolah kendala selama menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut serta untuk mengetahui prestasi sekolah yang telah dicapai selama pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Rejosalam 2 Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif metode studi kasus. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis secara induktif yaitu dimulai dari lapangan atau fakta empiris dengan terjun ke lapangan mempelajari menganalisis menafsir dan menarik kesimpulan dari fenomena yang ada di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Manajemen Berbasis Sekolah dapat berlangsung secara efektif dengan didukung oleh sumber daya manusia yang profesional untuk mengoperasikan sekolah dana yang cukup dimiliki sekolah untuk menggaji staf sesuai dengan fungsinya sarana dan prasarana yang mendukung proses belajar mengajar serta dukungan masyarakat (orang tua) yang tinggi. Dari hasil yang ada dapat disimpulkan bahwa SDN Rejoasalam 2 sudah menerapkan MBS meskipun masih belum optimal kendala-kendala yang ada sudah dapat diatasi dan prestasi SDN Rejoasalam 2 sudah ada yang ditingkat kabupaten. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar semua warga sekolah orang tua dan masyarakat memiliki rasa tanggung jawab dalam penerapan manajemen berbasis sekolah sehingga prestasi belajar anak didik akan ikut meningkat sesuai dengan apa yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/105915 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |