Peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS melalui pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) di SDN Sladi Kabupaten Pasuruan / Mukhamad Sukron - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS melalui pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) di SDN Sladi Kabupaten Pasuruan / Mukhamad Sukron

Mukhamad (2011) Peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS melalui pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) di SDN Sladi Kabupaten Pasuruan / Mukhamad Sukron. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Hasil Belajar IPS SD. Bedasarkan pengamatan dilapangan kurang berhasilnya pembelajaran IPS disebabkan guru kurang melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar guru hanya terpaku pada buku teks tanpa menggunakan alat peraga dan model pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif dalam proses belajar mengajar. Terbukti dari hasil tes evaluasi yang dilakukan diperoleh rata-rata nilai kelas 58 89 dari hasil ini ada 11 siswa dinyatakan belum tuntas dan 7 siswa yang dinyatakan tuntas dengan mengacu pada SKBM yang ada di SDN Sladi yaitu 70.. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mendiskripsikan penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada mata pelajaran IPS Kelas IV di SDN Sladi Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan (2) mengetahui sejauh mana peningkatan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran IPS setelah menerapkan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada siswa Kelas IV di SDN Sladi Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan (3) mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar IPS setelah menerapkan pendekatan Sains Teknolgi Masyarakat (STM) pada siswa Kelas IV di SDN Sladi Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Deskriptif Kualitatif yaitu penelitian yang menguraikan keadaan mutu/kwalitas sesuatu dengan apa adanya. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) langkah-langkahnya diadopsi dari model Suharsimi Arikunto. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sladi Kejayan Pasuruan sebanyak 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dokumentasi dan test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dapat meningkatkan pembelajaran IPS kelas IV SDN Sladi. Hal ini terjadi karena guru telah menerapkan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) sesuai dengan tahap-tahap implementasi pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM). Untuk aktifitas siswa pada siklus I menunjukkan nilai (73 33) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi (76 11). Nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat mulai dari sebelum dilakukannya tindakan (58 89) dilakunnya tindakan pada siklus I (75 0) selanjutnya tindakan pada siklus II (78 89) Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) Guru dapat menerapkan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam pembelajaran bidang studi lain dalam matei yang sesuai agar mendapatkan hasil yang maksimal. (2) Peneliti lainnya agar dapat mengembangkan penelitian ini disekolah atau tempat yang lain agar mendapatkan temuan yang lebih komperhensif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105914

Actions (login required)

View Item View Item