Peningkatan hasil belajar IPS melalui pendekatan inkuiri (inquiry approach) siswa kelas V SDN Sumberdiren 02 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar / Alfiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui pendekatan inkuiri (inquiry approach) siswa kelas V SDN Sumberdiren 02 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar / Alfiana

UNSPECIFIED (2011) Peningkatan hasil belajar IPS melalui pendekatan inkuiri (inquiry approach) siswa kelas V SDN Sumberdiren 02 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar / Alfiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hasil Belajar IPS Pendekatan Inkuiri Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas V pada waktu pembelajaran IPS adalah (1) didominasi oleh metode ceramah (preaching method) (2) pembelajaran kurang bermakna (3) pembelajaran terpusat kepada aktivitas guru (4) siswa kurang aktif dalam pembelajaran (5) siswa jarang sekali bertanya (6) siswa kurang mengungkapkan gagasannya (7) suasana pembelajaran kurang menyenangkan. Berdasarkan alasan tersebut peneliti mengadakan kerjasama dengan SDN Sumberdiren 02 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar untuk mengadakan perbaikan pembelajaran IPS dengan penerapan pendekatan inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pembelajaran IPS melalui pendekatan inkuiri (inquiry approach) pada siswa kelas V SDN Sumberdiren 02 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Sumberdiren 02 setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan inkuiri (inquiry approach). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif jenis penelitian tindakan kelas dengan model kolaboratif partisipatoris. Subyek penelitian adalah siswa kelas V. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar) dan guru kelas (mitra peniliti) sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan inkuiri pada mata pelajaran IPS di kelas V sudah sangat baik. Hal ini didukung dengan sudah munculnya semua aspek dalam setiap tahapan pendekatan inkuiri pada saat pembelajaran berlangsung. Penilaian aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran pada siklus I sebesar 87 78% dan pada siklus II sebesar 96 67% atau mengalami peningkatan sebesar 8 89%. Penilaian aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran pada siklus I sebesar 85 56% dan pada siklus II sebesar 95 56% atau mengalami peningkatan sebesar 10 00%. Hal itu juga diikuti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang sangat baik pula. Persentase ketuntasan belajar pada pra tindakan ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 45 83% atau dari 41 67% (10 siswa tuntas belajar) menjadi 87 50% (21 siswa tuntas belajar). Persentase ketuntasan belajar pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8 30% atau dari 87 50% (21 siswa tuntas belajar) menjadi 95 80% (23 siswa tuntas belajar). Berdasarkan paparan data di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan kwalitas kegiatan belajar siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Sumberdiren 02 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105913

Actions (login required)

View Item View Item