Dian Ayu (2011) Peningkatan kemampuan menulis melalui model pakem dengan media audio visual di kelas V SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar / Dian Ayu Ambarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci menulis pakem media audio visual Penggunaan media yang belum maksimal dalam pembelajaran menjadi salah satu faktor kurangnya kemampuan menulis siswa. Guru hanya menggunakan metode ceramah untuk menjelaskan kepada siswa tentang penggunaan ejaan dan kesesuaian karangan selanjutnya siswa diberi tugas untuk membuat karangan bebas. Setelah pembelajaran ini siswa mengumpulkan hasil kerjanya yang selanjutnya diadakan penilaian oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan media audio visual dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis siswa di kelas V SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar. Melalui media audio visual diharapkan pembelajaran akan lebih menarik perhatian dan minat belajar siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi dan kemampuan menulis siswa sesuai tujuan model pembelajaran pakem. Pembelajaran menggunakan model pakem dengan media audio visual di kelas V SDN Wonorejo 02 melalui langkah-langkah pembelajaran yang diawali dengan mempersiapkan dan merencanakan materi sebelum diajarkan selanjutnya membangkitkan kesiapan siswa dalam pembelajaran yang diawali dengan apersepsi kemudian siswa diajak untuk menyimak media audio visual yang digunakan guru dalam bentuk film anak langkah berikutnya siswa diajak untuk lebih memahami film yang mereka lihat dengan beberapa pertanyaan yang membangun pemahaman siswa dan yang terakhir dilakukan evaluasi sebagai hasil belajar yang akan digunakan untuk mengukur kemampuan menulis siswa. Metode penelitian yang digunakan melalui jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Setiap siklus dengan dua kali pertemuan yang masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Wonorejo 02 kabupaten Blitar. Data yang diperoleh berupa hasil tes lembar observasi kegiatan belajar mengajar (aktivitas guru dan siswa di dalam kegiatan pembelajaran) wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka diperoleh peningkatan kemampuan menulis siswa di kelas V dari sebelum siklus adalah 57 83 mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 68 53 siklus II dengan nilai rata-rata 75 56. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan paparan data bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas dalam belajar dan kemampuan menulis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/105912 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |