Penerapan pendekatan whole language dengan fokus pembelajaran shared reading untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 MI. Ma'arif Nogosari Pandaan / Yamyunah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan whole language dengan fokus pembelajaran shared reading untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 MI. Ma'arif Nogosari Pandaan / Yamyunah

UNSPECIFIED (2011) Penerapan pendekatan whole language dengan fokus pembelajaran shared reading untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 MI. Ma'arif Nogosari Pandaan / Yamyunah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Whole Language Shared Reading Membaca Permulaan Berdasarkan observasi awal pada tanggal 12 Juli 2010 yang dilakukan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas I MI Ma arif Nogosari Pandaan ditemukan fakta yaitu guru menggunakan metode ceramah tidak menggunakan media guru dan siswa hanya menggunakan buku paket. Pada evaluasi akhir dihasilkan skor rata-rata 64 39. Dari 33 siswa hanya 11 siswa yang lancar membaca 8 siswa membaca eja dan 14 siswa belum mampu membaca. Menyikapi permasalahan tersebut berbagai cara dapat dilakukan diantaranya penerapan pendekatan whole language dengan fokus pembelajaran shared reading. Pendekatan ini diharapkan dapat menjadi solusi pemecahan masalah yang dihadapi oleh siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan whole language dengan fokus pembelajaran shared reading untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I di MI Ma arif Nogosari (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I MI Ma arif Nogosari melalui pembelajaran shared reading. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus setiap siklus dua pertemuan Subyek penelitian adalah siswa kelas I di MI Ma arif Nogosari yang terdiri dari 33 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dokumentasi dan tes. Penelitian ini menggunakan instrument pedoman observasi pedoman wawancara dokumen dan soal-soal tes Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran shared reading pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas I MI Ma arif Nogosari sudah sesuai dengan langkah-langkah shared reading. Pembelajaran shared reading pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas I MI Ma arif Nogosari sudah dapat dikatakan berhasil dengan adanya peningkatan aktivitas interaksi dan hasil belajar siswa. Hal itu ditunjukkan dari hasil analisis rata-rata hasil belajar siswa secara keseluruhan terjadi peningkatan yaitu pada refleksi awal rata-rata hasil belajar siswa 64 39. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 76 8 Pada siklus 2 rata-rata hasil belajar siswa 80.4. Hasil tersebut menunjukkan siswa telah mencapai nilai di atas KKM yaitu 70 00. Penelitian ini disarankan kepada 1) guru kelas rendah untuk menerapkan shared reading dalam pembelajaran membaca permulaan 2) sekolah dan kepala sekolah yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar disarankan untuk menerapkan pembelajaran shared reading 3) Bagi peneliti lanjut disarankan untuk menambah waktu/pertemuan dalam setiap siklus dan lebih kreatif dalam memanfaatkan benda-benda di lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105910

Actions (login required)

View Item View Item