Augustina (2011) Penerapoan pendekatan komunikatif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Kayoman Purwosari Pasuruan / Augustina Sugiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pendekatan Komunikatif Membaca Pemahaman Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Sekolah Dasar merupakan tumpuan dari proses pendidikan yang ada pada jenjang berikutnya. Untuk itu pendidikan pada Sekolah Dasar harus dilaksanakan dengan cara yang benar-benar mampu menjadi landasan yang kuat ke jenjang berikutnya. Sekolah Dasar adalah salah-satu lembaga yang mendidik dan mengembangkan potensi siswa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Rumusan masalah penelitian adalah (1). Bagaimanakah penerapan pendekatan komunikatif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas IV SDN Kayoman Purwosari Pasuruan (2). Apakah penerapan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas IV SDN Kayoman Purwosari Pasuruan . Tujuan penelitian ini adalah (a) mendeskripsikan penerapan pendekatan komunikatif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN Kayoman Purwosari Pasuruan. (b) mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN Kayoman Purwosari Pasuruan setelah menjalani pembelajaran dengan pendekatan komunikatif. Metode yang digunakan adalah pendekatan komunikatif. Penerapan pendekatan komunikatif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Kayoman Purwosari Pasuruan mengacu pada Puji santoso (2006 36-37) bahwa ada 9 langkah dalam pendekatan komunikatif yaitu (1) menyajikan dialog singkat untuk memberikan motivasi siswa (2) pelatihan lisan dialog yang diberikan siswa kemudian mengulang yang dilisankan guru (3) Penyajian tanya jawab (4) penelaah dan pengkajian (5) penarikan simpulan (6) aktivitas interpretative mengarahkan siswa agar dapat menginterpretasikan beberapa dialog yang dilisankan (7) aktivitas produksi lisan yang dimulai dari aktivitas komunikasi terbimbing sampai dengan aktivitas yang bebas (8) pemberian tugas (9) pelaksanaan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan pada pra tindakan rata-rata proses belajar siswa secara klasikal adalah 56 63% dikategorikan cukup pada siklus I adalah 62% dan siklus II adalah 79% dikategorikan baik. Sedangkan hasil belajar berdasarkan ketuntasan belajar siswa pada pra tindakan adalah 33% siklus I adalah 50% dan siklus II adalah 74%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran pendekatan komunikatif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kayoman Purwosari Pasuruan. Saran peneliti adalah pendekatan komunikatif pada pembelajaran bahasa Indonesia bisa juga digunakan pada bidang studi yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jan 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/105909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |