Penerapan model siklus belajar untuk meningkatkan pembelajaran IPS kelas IV MI As-Sholihin Rebalas Grati Pasuruan / Misbahul Munir - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model siklus belajar untuk meningkatkan pembelajaran IPS kelas IV MI As-Sholihin Rebalas Grati Pasuruan / Misbahul Munir

Misbahul (2011) Penerapan model siklus belajar untuk meningkatkan pembelajaran IPS kelas IV MI As-Sholihin Rebalas Grati Pasuruan / Misbahul Munir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci IPA Siklus Belajar Pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi awal di MI As-Sholihin Rebalas Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan ditemukan (1) Guru lebih sering menggunakan metode ceramah tanya jawab penugasan dalam pembelajaran IPA (2) Siswa dalam merespon pembelajaran IPA selama ini cenderung sebagai pendengar atau penerima materi saja sehingga mereka menjadi pasif kurang kreatif dan mengalami kejenuhan serta sulit memahami konsep-konsep IPA. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model siklus belajar pada pembelajaran IPA (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama penerapan model siklus belajar (3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah penerapan model siklus belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif. Langkah-langkah penelitian dilakukan dengan tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Siklus tindakan dihentikan apabila mencapai kriteria ketuntasan belajar kelas yaitu 75% dari jumlah subyek penelitian 19 siswa yang terdapat pada Standar Ketuntasan Belajar Madrasah (SKBM) yang disesuaikan dengan tingkat ketuntasan belajar yang ditetapka oleh sekolah yaitu minimal 65. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi tes dan wawancara. Pedoman observasi siklus belajar untuk menilai aspek afektif dan menilai aspek psikomotor. Analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan mengkaji semua data yang diperoleh dilakukan secara berurutan yaitu (1) Reduksi Data (2) Penyajian Data (3) Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model siklus belajar dapat meningkatkan pembelajaran IPA. Pada siklus I siswa lebih aktif dari sebelumnya namun masih ada sebagian siswa yang kurang aktif sehingga rata-rata hasil belajar siswa yaitu 70 52. sedangkan pada siklus II peneliti dan guru melaukan perbaikan sehingga siswa tampak antusias dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 78 42. dari perbandingan kedua siklus tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 7 9. dan semua siswa sudah mencapai Standar Ketuntasan SKBM. Saran bagi guru dan peneliti lain model siklus belajar sebaiknya dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Dan hendaknya dijadikan acuan untuk mengadakan penelitian yang sejenis dengan permasalah yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105907

Actions (login required)

View Item View Item