Peningkatan kemampuan bercerita melalui strategi menyimak dan berpikir langsung (MBL) pada kelas V MI Miftahul Ulum Benerwojo Kejayan Pasuruan / Fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan bercerita melalui strategi menyimak dan berpikir langsung (MBL) pada kelas V MI Miftahul Ulum Benerwojo Kejayan Pasuruan / Fauzi

UNSPECIFIED (2010) Peningkatan kemampuan bercerita melalui strategi menyimak dan berpikir langsung (MBL) pada kelas V MI Miftahul Ulum Benerwojo Kejayan Pasuruan / Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci bercerita strategi menyimak dan berpikir langsung (MBL) SD Menyimak dan berbicara merupakan keterampilan berbahasa lisan yang amat fungsional dalam kehidupan manusia sehari-hari. Dengan keterampilan menyimak dan berbicara kita dapat memperoleh dan menyampaikan informasi. Kegiatan menyimak dan berbicara tidak dapat dipisahkan. Oleh sebab itu siswa dituntut untuk mampu menyimak dan berbicara dengan baik. Bercerita merupakan salah satu kemampuan berbicara yang juga menuntut kemampuan dalam menyimak cerita dengan baik. Berdasarkan hasil observasi di kelas V MI Miftahul Ulum Benerwojo Kejayan Pasuruan ditemukan permasalahan kemampuan bercerita siswa yang masih rendah. Salah satu penyebabnya diduga karena penggunaan strategi pembelajaran dan bahan ajar yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan strategi menyimak dan berpikir langsung (MBL) untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas V (2) implementasi strategi menyimak dan berpikir langsung (MBL) untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas V (3) hasil implementasi strategi menyimak dan berpikir langsung (MBL) untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyeknya 17 siswa kelas V MI Miftahul Ulum Benerwojo Kejayan Pasuruan. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi lembar penilaian proses lembar penilaian kemampuan bercerita tes dan wawancara. Analisa data dilakukan dengan mengelompokkan data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari instrumen penilaian proses dan wawancara sedangkan data kuantitatif diperoleh dari tes instrumen observasi dan penilaian kemampuan bercerita. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Hal ini diketahui dari peningkatan pada komponen perencanaan meningkat dari skor rata-rata 2 8 menjadi 3 0. Implementasi pembelajaran meningkat dari skor rata-rata 2 8 menjadi 3 0. Hasil belajar siswa juga meningkat dari 47% menjadi 70 6% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 88 2% pada siklus 2. Secara keseluruhan peningkatan yang diperoleh mulai dari pra tindakan sampai tindakan siklus 2 sebesar 41%. Secara umum disimpulkan strategi menyimak dan berpikir langsung (MBL) dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas V melalui tahap persiapan menyimak membaca nyaring refleksi dan penyampaian pendapat. Disarankan kepada guru untuk menjadikan strategi menyimak dan berpikir langsung (MBL) sebagai alternatif dalam meningkatkan kemampuan bercerita di kelas V maupun di kelas yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105901

Actions (login required)

View Item View Item