Penerapan permainan fantastic card untuk mengembangkan kemampuan berbahasa di RA. Miftahul Ulum Gempol / Nurul Aziza - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan fantastic card untuk mengembangkan kemampuan berbahasa di RA. Miftahul Ulum Gempol / Nurul Aziza

Nurul (2010) Penerapan permainan fantastic card untuk mengembangkan kemampuan berbahasa di RA. Miftahul Ulum Gempol / Nurul Aziza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Bahasa dengan Media Fatastic Card Penelitian ini berlatar belakang dalam praktek pembelajaran di kelompok B memiliki perbendaharaan kata yang terbatas kosakata dalam komunikasi melalui suara huruf yang belum berkembang media pembelajaran yang belum optimal pembelajaran dilakukan secara metode tanya jawab dan pemberian tugas sehingga kegiatan pembelajaran cenderung membosankan. Adapun ketrampilan dasar pengembangan berbahasa anak usia dini yang terdapat diuraian indikator yang dicapai yaitu berbicara menyimak pramembaca membaca dan pramenulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan bahasa anak melalui penerapan permainan fantastic card. Rancangan permainan melalui media memberikan kebebasan dalam bereksplorasi melalui lingkungan terjadi peningkatan pembelajaran dalam proses belajar yang menyenangkan pemahaman jalannya pembelajaran menimbulkan pengetahuan yang melekat pada benak anak. Metode yang digunakan dalam penelitian melalui rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model kolaboratif. Penelitian melakukan kolaborasi dengan guru kelas B di RA. Miftahul Ulum mulai dari tahap proses identifikasi masalah perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pengembangan bahasa dapat meningkatan pengembangan bahasa di RA. Miftahul Ulum Kejapanan peningkatan pengembangan bahasa tersebut ditandai dengan 1) Diterapkannya metode pembelajaran belajar sambil bermain bermain seraya belajar melalui permainan fantastic card di RA. Miftahul Ulum sesuai dasar yang disusun secara kolaboratif dengan baik 2) Metode ceramah guru lebih berkurang karena guru dalam membelajarkan anak lebih banyak anak langsung praktek melalui permainan dengan menggunakann media pembelajaran 3) Pembelajaran lebih terpusat pada anak dan lebih bersifat konstruktif 4) Penilaian hasil belajar anak lebih komprehensif dan tak hanya melalui pemberian tugas secara tertulis saja 5) Situasi pembelajaran terasa lebih kondusif. Penerapan permainan fantastic card dapat meningkatkan aktifitas belajar anak kreatifitas anak menciptakan suasana belajar yang menyenangkan peningkatan interaksi dalam proses pembelajaran dan pemahaman konsep dalam pembelajaran mudah diingat dan melekat pada benak anak. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa pembelajaran dalam peningkatan pengembangan bahasa hendaknya menggunakan permainan fantastic card. Hasil penelitian ini sangat dimungkinkan dapat diterapkan di kelompok B sekolah lain jika kondisinya relatif sama atau mirip dengan sekolah yang menjadi latar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105900

Actions (login required)

View Item View Item