Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui pembelajaran tematik pada siswa kelas III SDN Plumbangan 04 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar / Bima Suhardianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui pembelajaran tematik pada siswa kelas III SDN Plumbangan 04 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar / Bima Suhardianto

Bima (2010) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui pembelajaran tematik pada siswa kelas III SDN Plumbangan 04 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar / Bima Suhardianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci membaca pembelajaran tematik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa yang meliputi aspek pemahaman isi bacaan dan mengungkapkan isi bacaan. Serta mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDN Plumbangan 04. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang sebelumnya diawali observasi pada pratindakan. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut. (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran tematik dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa yaitu pada aspek pemahaman isi bacaan hasil yang diperoleh pada pratindakan persentase ketuntasan siswa 27 27% pada siklus I persentase ketuntasan siswa 69 70% dan pada siklus II naik menjadi 96 97%. Pada aspek mengungkapkan isi bacaan hasil yang diperoleh pada pra tindakan nilai rata-rata siswa 63 64 pada siklus I nilai rata-rata siswa 69 70 dan pada siklus II naik menjadi 96 97. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran tematik dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan agar guru memilih strategi yang tepat dengan menerapkan pembelajaran tematik untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran membaca sedangkan untuk peneliti lain diharapkan dapat menyempurnakan penelitian ini dengan menerapkannya pada ruang lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105898

Actions (login required)

View Item View Item