Meningkatkan kemampuan membaca cerita berbahasa Indonesia melalui buku cerita bergambar Big Book di kelas I MI Al Islamiyah Kauman-Bangil / Zainab - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan membaca cerita berbahasa Indonesia melalui buku cerita bergambar Big Book di kelas I MI Al Islamiyah Kauman-Bangil / Zainab

UNSPECIFIED (2010) Meningkatkan kemampuan membaca cerita berbahasa Indonesia melalui buku cerita bergambar Big Book di kelas I MI Al Islamiyah Kauman-Bangil / Zainab. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kemampuan membaca Media Big Book. Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual sosial dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar baik secara lisan maupun tulisa. Tujuan penulisan skripsi ini adalah (1) Mendeskripsikan penggunaan media buku cerita bergambar big book dalam meningkatkan kemampuan membaca cerita pendek dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas I MI Al Islamiyah. (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam membaca cerita pendek dengan menggunakan media buku cerita bergambar big book pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I Semester I MI Al Islamiyah. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus memerlukan waktu 4 x 30 menit. Tehnik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi Wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mendeskripsikan secara tertulis melalui pemanfaatan media gambar dengan peningkatan 27 3% pada siklus I dibandingkan dengan nilai pratindakan dan peningkatan 13 6% pada siklus II. Dengan identifikasi gambar secara teliti didukung kemampuan siswa membaca cerita pendek dan bimbingan guru selama kegiatan berlangsung maka terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa kelas I MI Al Islamiyah. Untuk membantu siswa membaca cerita pendek sebaiknya guru memanfaatkan buku cerita bergambar big book dalam pembelajaran membaca cerita pendek agar kemampuan siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105896

Actions (login required)

View Item View Item