Penerapan bermain kartu warna untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak di RA. Hidayatun Nasyi'in Pasrepan Pasuruan / Mas'ulya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan bermain kartu warna untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak di RA. Hidayatun Nasyi'in Pasrepan Pasuruan / Mas'ulya

UNSPECIFIED (2010) Penerapan bermain kartu warna untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak di RA. Hidayatun Nasyi'in Pasrepan Pasuruan / Mas'ulya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Penerapan Bermain Kartu Warna. Kemampuan Kognitif Hasil Belajar. Kemampuan kognitif dalam bermain dan mengenal warna sangat penting bagi anak usia dini karena merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki anak sebagai persiapan dalam mengenal warna dasar dan mengenal konsep tentang warna yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak perlu adanya pembelajaran yang sesuai dengan penerapan pembelajaran yang diharapkan untuk hasil belajar yang meningkat dan lebih baik. Hasil observasi awal ditemukan bahwa anak RA. Hidayatun Nasyi in Pasrepan belum menerapkan metode bermain kartu warna. Sebagian anak belum mampu mencapai kriteria ketuntasan yang ditentukan oleh sekolah yaitu 60 ketuntasan individu. Berdasarkan hal ini metode bermain kartu warna sangat tepat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pengembangan kemampuan kognitif anak kelompok B dalam mengurutkan warna 2) mendeskripsikan penerapan bermain kartu warna yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak kelompok B RA. Hidayatun Nasyi in Pasrepan Pasuruan. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B RA. Hidayatun Nasyi in Pasrepan sebanyak 20 anak. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi secara langsung terhadap kegiatan anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan melaksanakan permainan kartu warna perkembangan kognitif anak di RA. Hidayatun Nasyi in menjadi meningkat. Kesimpulan penelitian ini adalah pelaksanaan bermain kartu warna telah mencapai hasil perkembangan kognitif anak yang optimal sesuai dengan harapan dan kriteria ketuntasan belajar anak yang mencapai 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dapat menerapkan metode bermain mengurutkan warna untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak maupun kemampuan yang lain. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini sebagai bahan perbandingan sehingga dikemudian hari menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105893

Actions (login required)

View Item View Item