Meningkatkan kemampuan membacakan dongeng kelas 2 melalui pendekatan komunikatif di MI Roudlotul Hikmah Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Unaizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan membacakan dongeng kelas 2 melalui pendekatan komunikatif di MI Roudlotul Hikmah Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Unaizah

UNSPECIFIED (2010) Meningkatkan kemampuan membacakan dongeng kelas 2 melalui pendekatan komunikatif di MI Roudlotul Hikmah Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Unaizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kemampuan membaca dongeng pendekatan komunikatif MI Hasil observasi ditemukan siswa Kelas 2 di MI Roudlotul Hikmah Kecamatan Nguling belum pernah menggunakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan komunikatif. Sebagian besar siswa merasa bosan dan kurang bergairah dalam pembelajaran sehingga siswa belum mampu mencapai kriteria ketuntasan. Masalahnya adalah pembelajaran yang digunakan hanya biasa-biasa saja. Metode yang digunakan adalah ceramah. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah Menerapkan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca di kelas 2 MI Roudlotul Hikmah Kecamatan Nguling. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Roudloutl Hikmah yang berjumlah 18 orang siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi wawancara dan hasil evaluasi / tes serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi evaluasi serta refleksi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi pedoman wawancara dan soal tes. Hasil penelitian yang diperolah adalah sebagai berikut rata-rata prestasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa mengalami peningkatan dari 62 pada pra tindakan menjadi 72 66 pada siklus I kemudian menjadi 89 11 pada siklus II. Tetapi pembelajaran secara individu terdapat dua anak yang belum tuntas masalahnya adalah anak tersebut belum bisa membaca. Adapun cara penangananya guru memberikan remedial khusus. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa aktivitas siswa MI Roudlotul Hikmah lebih aktif daripada sebelumnya. Berdasarkan penelitian ini hendaknya guru memperhatikan karakteristik siswa serta menerapkan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa. Adapun saran yang dilakukan oleh guru siswa maupun peneliti harus memperhatikan karakteristik dan dapat menindaklanjuti pendekatan komunikatif tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105892

Actions (login required)

View Item View Item