Peningkatan kemampuan membaca melalui membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN Gledug 01 Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar / Zakiyah Rokhmahwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca melalui membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN Gledug 01 Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar / Zakiyah Rokhmahwati

Zakiyah (2010) Peningkatan kemampuan membaca melalui membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN Gledug 01 Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar / Zakiyah Rokhmahwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci membaca membaca pemahaman Pengambilan judul penelitian di atas berdasarkan permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran membaca di SDN Gledug 01 Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar yang masih menggunakan metode ceramah dan pembelajaran yang monoton. Berdasarkan hasil observasi guru menyuruh siswa membaca buku paket kemudian disuruh menjawab pertanyaan tanpa tahapan kegiatan membaca yang runtut. Akibatnya siswa kurang memahami isi bacaan dan siswa mudah bosan sehingga nilai hasil belajar menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca melalui membaca pemahaman dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca melalui membaca pemahaman. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian di SDN Gledug 01 subjek penelitian siswa kelas V dengan jumlah siswa 13 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi tes dan angket. Teknik analisis data berupa teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh data adanya peningkatan pemahaman siswa dari tiap siklusnya. Pelaksanaan pembelajaran membaca melalui membaca pemahaman dilaksanakan dalam 3 siklus. Untuk mengetahui tingkat kemamapuan dasar siswa dalam pembelajaran dilakukan pra tindakan. Pada pra tindakan hasil belajar siswa mencapai 26.08% hal ini disebabkan guru menggunakan metode ceramah saja dan kegiatan belajar yang kurang menarik. Pada siklus I perolehan hasil belajar mencapai 30 4% siklus II mendapat 47.82%. Dan pada siklus III siswa yang mendapat nilai di atas 65 menjadi 95.65%. Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan membaca melalui metode membaca pemahaman dapat dilakukan dengan kegiatan membaca bacaan mengadakan tanya jawab melanjutkan bacaan atau cerita yang rumpang memerankan lakon dalam isi bacaan dan mencari permasalahan dalam bacaan sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Semula dari pra tindakan perolehan nilai sebesar 60.43 meningkat menjadi 62.60 pada siklus I. Pada siklus II perolehan nilai meningkat menjadi 64.78 serta pada siklus III nilai meningkat drastis menjadi 81.30. Berdasarkan penelitian ini guru disarankan untuk memilih dan menerapkan metode yang tepat disesuaikan dengan materi yang diajarkan agar tercapai hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105891

Actions (login required)

View Item View Item