Penerapan model mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Kalipare 06 Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang / Tri Indah Mariana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Kalipare 06 Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang / Tri Indah Mariana

Tri Indah (2010) Penerapan model mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Kalipare 06 Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang / Tri Indah Mariana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Mind mapping hasil belajar PKn SD Penggunaan model pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.Terbukti dari hasil observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model konvensional mengakibatkan hasil dan ketuntasan belajar siswa menjadi rendah. Sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut diperlukan adanya penerapan pembelajaran model mind mapping. Dengan model mind mapping ini siswa dapat melakukan belajar bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. (2) Mendeskripsikan hasil belajar dengan menggunakan model mind mapping dalam pembelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genaptahun ajaran 2010/2011 . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kalipare 06 Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang dengan jumlah siswa 24. Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Taggart. Dilaksanakan dalam 2 siklus. Di setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi dokumentasi wawancara. Analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh adalah sebagai berikut (1) penerapan model mind map dilaksanakan 2 siklus. Kegiatan inti meliputi pemberian rangkuman materi Tanya jawab tentang materi yang telah dibaca siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberikan LKK siswa memperhatikan contoh mind map yang dibuat guru seperti contoh tapi lebih dikembangkan lagi pembahasan hasil kerja kelompok. Kegiatan akhir meliputi menyimpulkan materi dan mengerjakan soal evaluasi. (2) Hasil belajar siklus I dan II menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model mind mapping mampu meningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I Ketuntasan hasil belajar mencapai 50% dengan rata-rata kelas 61 62. Hasil belajar meningkat lagi pada siklus II menjadi 80 3 % dengan rata-rata kelas 76 79. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model mind mapping dalam pembelajaran PKn materi pemerintahan desa dapat meningkatkan hasil belajar khususnya di SDN Kalipare 06 Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang. Dari hasil penelitian ini disarankan bahwa guru PKn hendaknya menerapkan model mind mapping dalam pembelajaran PKn khususnya materi pemerintahan desa sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105888

Actions (login required)

View Item View Item