Penerapan pendekatan kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Pakisaji 02 Kabupaten Malang / Zainal Abdi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Pakisaji 02 Kabupaten Malang / Zainal Abdi

Zainal (2010) Penerapan pendekatan kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Pakisaji 02 Kabupaten Malang / Zainal Abdi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Jigsaw Hasil Belajar IPA Pengamatan yang telah dilaksanakan di SDN Pakisaji 02 Kabupaten Malang dapat diketahui beberapa permasalahan yang timbul pada mata pelajaran IPA. Adapun rincian dari permasalahan yang timbul (1) nilai rata-rata siswa berdasarkan ulangan harian dan formatif mencapai 35%. Nilai rata-rata tersebut masih di bawah Standar Ketuntasan Minimal yang ditentukan oleh sekolah tersebut yaitu 75% (2) guru cenderung masih mendominasi dalam proses pembelajaran (3) siswa kurang diberi kesempatan untuk memperoleh sendiri pengetahuan yang didapat sehingga siswa cenderung pasif dalam proses belajar mengajar. Adapun penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki siswa dengan jalan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Jigsaw Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis Taggart yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan yaitu tahap perencanaan tahap pelaksanaan tindakan tahap observasi dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDNPakisaji 02 Kabupaten Malang yang terdiri dari 31 siswa dengan rincian 14 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Indikasi adanya dampak yang baik terhadap hasil belajar adalah adanya kenaikan rata-rata skor dari nilai siswa yang sebelumnya mencapai 66 6 dan terus meningkat menjadi 80 3. selain itu dampak tersebut dapat dilihat dari hasil nilai tes evaluasi pada siklus I pertemuan I mencapai 58% meningkat pada pertemuan II menjadi 68% meningkat pada siklus II pertemuan 1 menjadi 77% dan pada pertemuan II meningkat menjadi 84%.Serta semakin berkurangnya domiasi guru dalam proses relajar mengajar hal tersebut dapat dibuktikan dari pencapaian guru dalam menerapkan model Jigsaw yaitu pada siklus I pertemuan I mencapai 64% meningkat pada pertemuan II menjadi 73% meningkat pada siklus II pertemuan I menjadi 82% dan meningkat pada pertemuan II menjadi 96%. Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan agar guru senantiasa dapat menerapkan model Jigsaw yang terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Pakisaji 02 Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105885

Actions (login required)

View Item View Item