Peningkatan hasil belajar IPS menggunakan metode pembelajaran mind mapping siswa kelas IV SDN Plosorejo 01 Kabupaten Blitar / Umi Saadah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS menggunakan metode pembelajaran mind mapping siswa kelas IV SDN Plosorejo 01 Kabupaten Blitar / Umi Saadah

Umi (2010) Peningkatan hasil belajar IPS menggunakan metode pembelajaran mind mapping siswa kelas IV SDN Plosorejo 01 Kabupaten Blitar / Umi Saadah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar pembelajaran IPS Mind Mapping. Pada kenyataannya pendidikan IPS saat ini merupakan mata pelajaran yang mengajarkan seperangkat konsep yang diberikan secara terpisah. Konsep-konsep IPS tidak diberikan secara berkaitan antara konsep satu dengan yang lain sehingga sulit untuk mengingatnya. Hal ini mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil ulangan tengah semester I hasil belajar IPS kelas IV SDN Plosorejo 01 masih banyak yang mendapat nilai di bawah KKM yaitu nilai 65. Dari 20 siswa terdapat 6 siswa yang mendapat nilai 8805 65 dan 14 siswa mendapat nilai 65 dan nilai rata-rata kelas adalah 54 5. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan metode pembelajaran yang lebih memberdayakan siswa mengingat materi pelajaran yang telah dipelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pembelajaran IPS melalui metode pembelajaran Mind Mapping kelas IV SDN Plosorejo 01 Kabupaten Blitar (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Plosorejo 01 dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah 20 siswa kelas IV SDN Plosorejo 01. Instrumen penelitian ini meliputi lembar observasi lembar tes dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data secara kualitatif. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan tahapan penelitian meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap pelaksanaan pembelajaran dari pra tindakan kurang baik atau mencapai 47 65% siklus I cukup baik atau mencapai 69 6% pada siklus II menjadi sangat baik atau mencapai 85 1% dari jumlah siswa 20. Sedangkan hasil belajar siswa meningkat dari pra tindakan terdapat 25% siswa yang tuntas siklus I terdapat 75% siswa yang tuntas belajar dan pada siklus II menjadi 100% siswa yang tuntas belajar dari jumlah siswa 20. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping ini untuk materi pelajaran yang lain agar siswa senang dalam mengikuti pembelajaran. Guru hendaknya juga menciptakan pembelajaran yang inovatif dengan metode Mind Mapping ini agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Dalam menggunakan metode ini perlu ditingkatkan penggunaan warna dan gambar agar siswa senang dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105884

Actions (login required)

View Item View Item