Penggunaan media domino bilangan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian dengan teknik permainan pada siswa kelas III SDN Percobaan 2 Malang / Titik Wijiastutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media domino bilangan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian dengan teknik permainan pada siswa kelas III SDN Percobaan 2 Malang / Titik Wijiastutik

Titik (2010) Penggunaan media domino bilangan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian dengan teknik permainan pada siswa kelas III SDN Percobaan 2 Malang / Titik Wijiastutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci domino bilangan berhitung perkalian permainan. Bermain merupakan kebutuhan yang utama bagi siswa pada usia SD. Untuk itu guru perlu memfasilitasi pembelajaran matematika yang sesuai dengan karakteristik siswa SD. Salah satu strategi yang digunakan dalam pembelajaran matematika adalah belajar melalui permainan. Dengan permainan diharapkan siswa tidak jenuh dan termotivasi untuk menyelesaikan masalah matematika khususnya perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran matematika siswa kelas III SDN Percobaan 2 Malang dengan menggunakan domino bilangan (2) kemampuan berhitung perkalian siswa kelas III SDN Percobaan 2 Malang setelah menggunakan media domino bilangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya menggunakan PTK dengan model siklus yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas III SDN percobaan 2 Malang yang berjumlah 27 siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan tes. Penelitian ini menggunakan standar ketuntasan belajar untuk individu yang ditetapkan 65 dan untuk ketuntasan klasikal 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran matematika meningkat ditandai dengan siswa yang aktif berdiskusi dengan kelompoknya banyak siswa yang ingin maju menyampaikan hasil diskusinya. Kemampuan siswa memahami konsep perkalian setelah menggunakan media kartu bilangan juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan kartu bilangan hanya mencapai 61 3. Setelah menerapkan permainan dengan kartu bilangan nilai rata-rata siswa pada siklus I mencapai 72 4. Pada siklus II mengalami peningkatan lagi yaitu nilai rata-rata mencapai 84 6. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (a) Penggunaan media kartu bilangan perkalian dalam proses pembelajaran matematika di SDN Percobaan 2 Malang telah memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan sendiri sebuah konsep perkalian bekerja kelompok sehingga melatih sikap saling bekerjasama dengan teman melatih keberanian siswa untuk mengungkapkan pendapatnya (b) pembelajaran dengan menerapkan media kartu bilangan perkalian pada siswa SDN Percobaan 2 Malang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berhitung perkalian. Saran yang dapat disampaikan antara lain (a) guru hendaknya memberi pengarahan pada siswa agar dalam membuat kelompok tidak memilih-milih teman (b) memberi penjelasan sampai siswa paham sebelum permainan dilaksanakan (c) guru hendaknya selalu memberi motivasi (d) Guru hendaknya selalu mengingatkan siswa yang tidak mau bekerja dengan kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105883

Actions (login required)

View Item View Item