Peningkatan keterampilan berbicara dengan pendekatan pragmatik pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum Bajangan Gondangwetan Pasuruan / Lilis Suryani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara dengan pendekatan pragmatik pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum Bajangan Gondangwetan Pasuruan / Lilis Suryani

Lilis (2010) Peningkatan keterampilan berbicara dengan pendekatan pragmatik pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum Bajangan Gondangwetan Pasuruan / Lilis Suryani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pendekatan pragmatik keterampilan berbicara Sekolah Dasar. Bahasa Indonesia berperan sebagai alat untuk mempersatukan keberagaman bahasa adat istiadat suku dan budaya. Bertolak dari hal tersebut siswa diharapkan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Permasalahan yang terjadi di kelas adalah siswa belum mampu berbicara dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta tidak sesuai dengan situasi dan konteks sehingga perlu adanya inovasi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas V MI Miftahul Ulum Bajangan yang mencakup kelancaran berbicara intonasi ketetapan dan ketepatan ucapan pilihan kata yang tepat kontak mata yang sesuai dengan situasi dan konteks saat berbicara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) melalui tahap perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 16 orang siswa di MI Miftahul Ulum Bajangan kecamatan Gondangwetan kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes observasi dan wawancara selama proses pembelajaran. Dalam penelitian ini pendekatan pragmatik diterapkan dalam matapelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Miftahul Ulum Bajangan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar siswa berupa pemahaman konsep tentang situasi dan konteks saat berbicara secara klasikal mengalami peningkatan dari 45 4% pada pra tindakan menjadi 58 18% pada siklus I. Selanjutnya menjadi 80 6% pada siklus II. Hasil belajar yang berupa tes secara lisan pada siklus I meningkat dari 46 62% menjadi 76 85% pada siklus II. Secara keseluruhan hasil belajar siswa pada pra tindakan masih dibawah nilai standar minimum yaitu 60% mengalami peningkatan sehingga mencapai di atas standar minimum dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pragmatik pada siklus I dan II. Hal ini disimpulkan bahwa pendekatan pragmatik telah berhasil meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan pembelajaran dengan pendekatan pragmatik dalam mengajarkan matapelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara.Bagi peneliti lain diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan metode atau pendekatan lain dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105881

Actions (login required)

View Item View Item