Upaya meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV MI Darul Ulum Gondangwetan dengan pendekatan kooperatif model STAD / Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV MI Darul Ulum Gondangwetan dengan pendekatan kooperatif model STAD / Hidayati

UNSPECIFIED (2010) Upaya meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV MI Darul Ulum Gondangwetan dengan pendekatan kooperatif model STAD / Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Student Team Achievement Division (STAD) Hasil Belajar dan IPA Ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan ilmu pengetahuan yamg berkaitan erat dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis. IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan saja yang berupa fakta-fakta konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran IPA kurang efektif karena pembelajaran masih terpusat pada guru dan siswa cenderung pasif sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV di MI Darul Ulum adalah melalui pembelajaran koopertif (Cooperative Learning) karena penerapan pembelajaran kooperatif ini dalam pembelajaran IPA merupakan satu bentuk perubahan pola pikir dalam kegiatan belajar mengajar IPA di sekolah. Dalam pembelajaran kooperatif terdapat beberapa variasi model yang dapat diterapkan yaitu diantaranya Student Team Achievement Division (STAD). Skripsi ini mempelajari tentang (1) penerapan pendekatan kooperatif model STAD pada mata Pelajaran IPA siswa kelas IV di MI Darul Ulum Gondangwetan (2) aktivitas siswa kelas IV MI Darul Ulum Gondangwetan dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kooperatif model STAD (3) hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV MI Darul Ulum Gondangwetan setelah menggunakan pendekatan kooperatif model STAD Tujuan penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan penerapan pendekatan kooperatif model STAD pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV MI Darul Ulum Gondang wetan (2) mendiskripsikan aktivitas siswa MI Darul Ulum Gondangwetan dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kooperatif model STAD (3) mendiskripsikan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV MI Darul UlumGondangwetan setelah menggunakan pendekatan kooperatif model STAD. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptis kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta dengan data yang diperoleh saat penelitian. Secara umum proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari observasi awal perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi pada siklus I. Kemudian ditarik kesimpulan untuk selanjutnya dilakukan tindakan pada silkus II pada siklus II juga diperoleh data dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Dari hasil penelitian diperoleh data skor hasil observasi aktivitas guru siklus I pertemuan I skor yang diperoleh sebesar 54 6% pertemuan II sebesar 68%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I sebesar 93% dan pertemuan II 98%. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat pada prosentase aktivitas siswa yang semakin meningkat.Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 62 5 dan pada tahap pelaksanaan siklus II nilai rata-rata mencapai 76 35%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model STAD Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model STAD dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV MI Darul Ulum Gondang Wetan Berdasarkan penelitian ini maka disarankan kepada guru untuk selalu menerapkan model-model pembelajaran yang bervariasi dan bagi kepada sekolah hendaknya membantu menyediakan sarana pembelajaran yang tidak memungkinkan siswa untuk membawanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105880

Actions (login required)

View Item View Item