Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui media gambar seri kelas V SDN Bacem 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar / Septie Wahyuning Wulan - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui media gambar seri kelas V SDN Bacem 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar / Septie Wahyuning Wulan

Septie Wahyuning (2010) Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui media gambar seri kelas V SDN Bacem 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar / Septie Wahyuning Wulan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keterampilan menulis narasi media gambar seri Keterampilan menulis narasi di kelas V SDN Bacem 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar masih rendah. Banyak siswa yang masih kesulitan dalam menulis narasi. Pada umumnya karangan siswa mempunyai alur tidak jelas tidak runtut unsur-unsur karangan narasi tidak lengkap dan pengembangan paragraf yang masih kurang. Hal tersebut terjadi karena tidak adanya media pada pembelajaran menulis narasi. Dengan adanya kondisi yang demikian dibutuhkan penggunaan media dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa salah satunya adalah penggunaan media gambar seri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan menulis narasi melalui media gambar seri pada siswa kelas V SDN Bacem 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan desain penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sasaran penulisan ini difokuskan pada siswa kelas V SDN Bacem 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar yang berjumlah 15 siswa terdiri dari 8 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki guru atau peneliti dan teman sejawat. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara study dokumenter catatan lapangan dan tes. Berdasarkan hasil pengamatan diketahui bahwa pengajaran menulis narasi melalui media gambar seri di SDN Bacem 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar dilaksanakan dua siklus dan berlangsung efektif. Selain itu terdapat peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini terbukti dari ketuntasan klasikal pada siklus pertama yaitu 47% dan meningkat pada siklus kedua yang mencapai 87%. Kesimpulan dan saran dari penelitian ini adalah penerapan media gambar seri dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi sesuai dengan langkah-langkah penggunaan media gambar seri yang ada yaitu mengurutkan gambar yang disusun acak menyusun topik dan terakhir adalah membuat karangan. Pembelajaran yang dilaksanakan dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas V SDN Bacem 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Pada siklus pertama hanya 7 siswa yang mencapai ketuntasan individu dan meningkat pada siklus kedua yaitu sebanyak 13 siswa. Sedangkan ketuntasan klasikal meningkat dari 47% menjadi 87%. Dari kesimpulan diperoleh fakta bahwa penggunaan media gambar seri sangat efektif dalam pembelajaran menulis narasi hendaknya guru juga memanfaatkan media gambar seri dalam pembelajaran ataupun untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105879

Actions (login required)

View Item View Item