Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas 6 SDN Wedoro 1 Pandaan menggunakan model pembelajaran group investigation / Suyanto Mustofa - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas 6 SDN Wedoro 1 Pandaan menggunakan model pembelajaran group investigation / Suyanto Mustofa

Suyanto (2010) Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas 6 SDN Wedoro 1 Pandaan menggunakan model pembelajaran group investigation / Suyanto Mustofa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran kooperatif Group Investigation hasil belajar IPS SD. Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan untuk membentuk siswa agar memiliki kemampuan dasar untuk berpikir kritis rasa ingin tahu menemukan memecahkan permasalahan dan memiliki keterampilan bekerjasama dalam kehidupan sosial. Permasalahan yang terjadi di kelas VI SDN Wedoro I Pandaan adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kerjasama siswa dalam belajar. Segala upaya yang dilakukan seorang guru dalam proses pembelajaran dapat diketahui hasilnya melalui penilaian proses dan penilaian hasil. Hasil belajar dapat tercapai jika siswa mampu melakukan tugasnya sesuai dengan kompetensi dasar yang ditandai tercapainya indikator-indikator. Group Investigation atau diartikan dalam bahasa Indonesia Investiagsi Kelompok. Model ini dirancang untuk membimbing mendefinisikan masalah dan menggali berbagai pandangan tentang masalah tersebut. Studi bersama untuk memperoleh informasi ide dan keterampilan-keterampilan yang secara simultan mengembangkan kompetensi sosial pebelajar. Rencana penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Wedoro I kecamatan Pandaan kabupaten Pasuruan yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis lembar observasi dan dokumentasi. Selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Model PTK yang digunakan ini mengadopsi dari model Kemmis dan Taggart. Secara umum berdasarkan indikator kriteria keberhasilan yang telah ditentukan dalam penelitian ini hasil belajar siswa dikatakan berhasil. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari 14 28% pada pra tindakan menjadi 71 43 % kemudian menjadi 92.86 % pada siklus II. Hasil belajar berupa keterampilan proses bekerjasama meningkat dari 42 88 % pada siklus I kemudian mengalami peningkatan menjadi 92 86 % pada siklus II. Secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah pembelajaran kooperatif model Group Investigation diterapkan. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan pembelajaran kooperatif dalam mengajarkan mata pelajaran IPS. Bagi peneliti lain diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan metode atau pendekatan lain dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105878

Actions (login required)

View Item View Item