Pemanfaatan sumber belajar lingkungan terdekat siswa melalui observasi untuk meningkatkan hasil belajar materi norma yang berlaku di masyarakat bagi siswa kelas III A SDN Kotalama 5 Malang / Rifa Nurdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan sumber belajar lingkungan terdekat siswa melalui observasi untuk meningkatkan hasil belajar materi norma yang berlaku di masyarakat bagi siswa kelas III A SDN Kotalama 5 Malang / Rifa Nurdiana

Rifa (2010) Pemanfaatan sumber belajar lingkungan terdekat siswa melalui observasi untuk meningkatkan hasil belajar materi norma yang berlaku di masyarakat bagi siswa kelas III A SDN Kotalama 5 Malang / Rifa Nurdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pemanfaatan sumber belajar Melalui Observasi Hasil Belajar PKn SD Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi dalam pembelajaran PKn guru sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja. Faktanya siswa kelas III A SDN Kotalama 5 Malang hanya mencapai nilai rata-rata 50 padahal KKM yang ditetapkan adalah 65. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar PKn peneliti mencoba menerapkan pemanfaatan sumber belajar melalui observasi. Yaitu pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian. Penelitian ini diracang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari siklus. Subjek yang dikenai tindakan adalah siswa SDN Kotalama 5 Malang. Pemanfaatan sumber belajar melalui observasi dimulai dengan tanya jawab tentang peristiwa-peristiwa di masyarakat. Kemudian siswa diberi kebebasan mengambil permen yang disediakan. Setelah itu siswa diminta menyebutkan apa saja yang terjadi ketika mengambil permen tanpa peraturan. Kemudian siswa menyebutkan cara yang tepat agar permen tadi dibagi rata dan siswa mempraktekkannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan sumber belajar melalui observasi mampu meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa. Siswa jadi lebih antusias lebih berani bertanya dan lebih kreatif dalam pembelajaran. Saran dari penelitian adalah penerapan pemanfaatan sumber belajar terdekat siswa melalui observasi perlu diterapkan dan dikembangkan pada mata pelajaran lain pada umumnya dan pada pelajaran PKn pada khususnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105877

Actions (login required)

View Item View Item