Perbedaan pemahaman konsep daur hidup hewan siswa kelas IV MI. se-gugus Kecamatan Beji antara sebelum dan sesudah penerapan model inkuiri / Mohammad Rofik - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan pemahaman konsep daur hidup hewan siswa kelas IV MI. se-gugus Kecamatan Beji antara sebelum dan sesudah penerapan model inkuiri / Mohammad Rofik

Mohammad (2010) Perbedaan pemahaman konsep daur hidup hewan siswa kelas IV MI. se-gugus Kecamatan Beji antara sebelum dan sesudah penerapan model inkuiri / Mohammad Rofik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Perbedaan Pemahaman Konsep Daur Hidup Hewan Sebelum Dan Sesudah Pembelajaran Penerapan Inkuiri. Penelitian berlatar masalah penyebab rendahnya pemahaman konsep daur hidup hewan siswa kelas IV MI. Se-Gugus Kecamatan Beji diduga disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang bersifat reguler artinya pemilihan pendekatan strategi metode kurang bervariasi. Pembelajaran dilakukan dengan hanya ceramah tidak memberikan aktivitas yang bermakna dan tidak memberikan kesempatan pada siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan yang dipelajari. Oleh sebab itu adalah sangat rasional apabila model inkuiri ini dapat diterapkan di MI. Se-Gugus Madrasah Kecamatan Beji. Tujuan penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan pemahaman konsep daur hidup hewan siswa kelas IV MI. Se-gugus Kecamatan Beji sebelum menggunakan model inkuiri 2). Mendeskripsikan pemahaman konsep daur hidup hewan siswa kelas IV MI. Se-gugus Kecamatan Beji sesudah menggunakan model inkuiri 3). Mendeskripsikan perbedaan pemahaman konsep daur hewan siswa kelas IV MI. Se-gugus Kecamatan Beji antara sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan Model Inkuiri. Dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang diambil adalah MI se-gugus madrasah Kecamatan Beji. Adapun sampel yang diambil MI inti adalah MI Al-Ishlah dan sebagai MI imbas diambil secara random. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen butir soal tes. Instrument yang dipakai adalah butir-butir soal tes yang betul-betul valid dan Reliabel. Analisa datanya menggunakan rumus t-tes. Hasil pemahaman konsep daur hewan siswa kelas IV MI. Se-gugus Kecamatan Beji sebelum penerapan model inkuiri adalah mencapai rata-rata 39 20. Pemahaman konsep daur hewan siswa kelas IV MI. se-gugus Kecamatan Beji sesudah penerapan model inkuiri adalah mencpai rata-rata 83 95. Hasil perbedaan pemahaman konsep daur hewan siswa kelas IV MI. Se-gugus Kecamatan Beji antara sebelum dan sesudah penerapan model inkuiri setelah diuji dengan t test adalah t hitung 13 457 harga t tabel 2 02. Jadi t hitung harga t tabel. Berarti signifikan pada taraf kepercayaan 95 %. Disarankan bagi guru hendaknya dalam pembelajaran IPA dengan materi daur hidup hewan pada siswa kelas IV untuk menggunakan model inkuiri karena dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang daur hidup hewan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105875

Actions (login required)

View Item View Item